Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah terhadap Pembelajaran Interaktif dan Menyenangkan

Dewi Suprihatin, Ahmad Hariyadi, Dwi Novaria Misidawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan pendekatan saintifik untuk
meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah terhadap proses aktivitas dosen dan mahasiswa pada Mata Kuliah Umum (MKU) bahasa Indonesia secara
interaktif dan menyenangkan. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester II kelas 2AK-1 S1 Akuntansi di Universitas Singaperbangsa Karawang. Penelitian
dilakukan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan
menggunakan lembar observasi, angket, dan format wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis karya ilmiah dengan
pendekatan saintifik terhadap pembelajaran interaktif dan menyenangkan sudah
terlaksana dengan cukup baik, dimana keterlaksanaan kegiatan pendekatan
saintifik memiliki rata-rata skor sebesar 3,18. Karakteristik keterampilan menulis
karya ilmiah yang di implementasikan meliputi: 1). mengamati, dimana
mahasiswa menjadikan suatu objek menjadi nyata, dan tentunya siswa menjadi
senang dan tertantang. 2). menanya dimana dosen mengajukan pertanyaan kepada mahasiswa yang mengarahkan mahasiswa pada materi yang akan disampaikan. dosen juga menyampaikan suatu permasalahan dalam fenomena sains kepada mahasiswa. 3). mengumpulkan informasi, untuk memperoleh hasil belajar yang nyata atau otentik, mahasiswa harus melakukan kegiatan eksperimen pada substansi materi yang sesuai dengan pembelajaran Mata Kuliah Umum (MKU) bahasa Indonesia yang dibelajarkan. 4). mengolah informasi, proses pemaknaan informasi yang melibatkan penggunaan pengetahuan dari beberapa sumber harus dikaji untuk menambah keluasan dan kedalaman suatu infomasi yang diteliti. 5). mengkomunikasikan, memiliki peran secara andil dalam memberikan pengetahuan yang didapat mahasiswa melaui presentasi secara baik kepada teman sejawat, dimana kemampuan ini dapat secara lisan maupun tulisan dalam penyajiannya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran interaktif dan menyenangkan pada pembelajaran keterampilan menulis karya ilmiah dapat di implementasikan melalui pendekatan saintifik.

 

The purpose of this research is to implement a scientific approach to improve the
skills of writing scientific papers on the process of activities of lecturers and
students in the Indonesian General Course in an interactive and fun way. The
sample of this research is second semester students of class 2AK-1 S1 Accounting at Singaperbangsa University, Karawang. The research was conducted using a descriptive method. Data was collected using observation sheets, questionnaires, and interview formats. Based on the results of the study, it shows that the skills of writing scientific papers with a scientific approach to interactive and fun learning have been carried out quite well, where the implementation of scientific approach activities has an average score of 3.18. Characteristics of scientific writing skills that are implemented include: 1). observing, where students make an object real, and of course students become happy and challenged. 2). Asking where the lecturer asks questions to students that directs students to the material to be delivered. The lecturer also conveys a problem in the phenomenon of science to students. 3). collect information, to obtain real or authentic learning outcomes, students must carry out experimental activities on the substance of the material in accordance with the learning of the Indonesian General Course being taught. 4). processing information, the process of interpreting information that involves the use of knowledge from several sources must be studied to increase the breadth and depth of the information under study. 5). communicating, having a role in providing knowledge gained by students through good presentations to
colleagues, where this ability can be orally or in writing in its presentation. Thus,
it can be concluded that the interactive and fun learning process in learning
scientific writing skills can be implemented through a scientific approach.



Keywords


pendekatan saintifik;keterampilan menulis karya ilmiah;pembelajaran interaktif dan menyenangkan

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Aditama.

Ali, Muhammad. (2005). Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Berk, Laura E.(1998). Development Through the Lifespan. Pearson. United Kingdom.

Dwi Maryani. (2014). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika. Journal Speed Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Vol, 6 No 2 ijns.org. ISSN : 1979-9330 (Print) 2088 0154 (Online).

Darmansyah.2010. Strategi pembelajaran menyenangkan dengan humor. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Media Video Faststone di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 389-397.

Darwis, M., Batari, U. D., Salam, R., Kasmita, M., & Baharuddin, A.(2019).

Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kualitas

Proses Pembelajaran Pada Paket Keahlian Administrasi Perkantoran

Di SMK Negeri 1 Gowa. Jurnal Ad’ministrare, 5(2), 105.

https://doi.org/10.26858/ja.v5i2.7889.

Darling-Hammond, L. & Brannsford, J. Ed. (2005). Preparing teacher for a

changing world. San Franciso: Jossy Bass Publishing.

DePorter, Bobbi; Reardon, Mark; dan Singer-Nourie, Sarah.1999. Quantum teaching: Mempraktikkan quantum learning di ruang-ruang

kelas (terjemahan Ary Nilandari). Bandung: Penerbit Kaifa.

Demirci, C., & Yavaslar, E.(2018). Active learning: Let’s make them a song. Cypriot Journal of Educational Sciences, 13(3), 288–298.

https://doi.org/10.18844/cjes.v13i3.3199.

Grafura, Lubis; Wijayanti, Ari.(2012). Metode dan strategi pembelajaran yang unik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Juldianty.(2016).”Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui

Penggunaan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas III,” Jurnal

Pendidikan Dasar,Vol.7(2):390.https://doi.org/10.21009/JPD.072.15.

Machin, A.(2014). Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter, dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Unnes: Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (1), 28-35.

Mursalin, Sulaiman, & Nurmasyitah.(2017).Peran Guru Dalam Pelaksanaan Manajemen Kelas di Gugus Bungong Seulanga kecamatan Syiah. Kualakota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1),105–114.

Maiza, Z., & Nurhafizah, N.(2019).Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196.

Noermanzah & Friantary, H.(2019). Development of Competency-Based Poetry Learning Materials for Class X High Schools. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(4), 6631.

Nasir., Nurul Idhayani., & Hasma Nur Jaya.(2021). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). DOI:

31004/obsesi.v5i2.911.

Nurhattati Fuad.,Junaedi Nugraha.,Zulela, MS. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Saintifik dengan Metode Problem Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI Vol, 2, DOI:

http://dx.doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.37 - 118 –

Noermanzah, N., Abid, S., & Septaria, S. (2018). Improving the Ability of

Writing a Narrative Charge by Using Animated Images Media Student

Class V.B SD Negeri 17 Lubuklinggau. BAHTERA : Jurnal Pendidikan

Bahasa dan Sastra, 17(2), 118. doi:10.21009/bahtera.172.9.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar SMA/MA. Indonesia: Kemendikbud.

Rahardjo, Melita, Maria. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Sebagai Pembentuk Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Jurnal

Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 9 No. 2, 148-159.

Rini Kristiantari, M.G., Ni Nyoman Sukmasari., I Ketut Adnyana Putra. (2015) Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Asesmen Portofolio terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IVSD Gugus Pattimura Pada Tema CitaCitaku. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Volume: 3 No: 1.

Rofalina, Fanny. (2013). Kurikulum Membingungkan, Pendidikan Terancam. https://www.liputan6.com/citizen6/read/784373/kurikulum-membingungkan-pendidikan-terancam.html, Diunduh pada tanggal 25 Desember 2013, pukul 17: 25 WIB.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Saleh, Zulela.H.M., (2013). Terampil Menulis di Sekolah Dasar. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Semi, Atar.M. (2007). Dasar- dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Sutrisno. 2011. Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi. Jakarta: GP Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:

Alfabeta. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Panduan Akademik TA. 2014-2015. Prodi PAI.Unisnu Jepara Pidarta.

Suparyogo. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trinova Zulvia. (2012). Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan Bagi

Peserta Didik. Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1, Nomor 3,209-215.

Wulandari, Diana. (2016). Model Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Peminatan. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang. Vol, 6 No, 2, 853-854.




DOI: https://doi.org/10.24176/pibsi.v43i1.204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.