E-Communication sebagai Penopang Media Sosial

Eva Ardiana Indrariani, Nanik Setyawati

Abstract


Komunikasi dan teknologi adalah dua hal vital saat ini. Seluruh kegiatan
komunikasi kini efektif dilakukan dengan menggunakan teknologi inovatif,
khususnya media sosial. E-communication tidak hanya sekedar bagaimana berkomunikasi dengan teknologi inovatif tetapi juga bagaimana cara berbahasa yang efektif ketika berkomunikasi dengan media sosial. Bahasa dalam media sosial akan sangat menentukan citra penggunanya. Penggunaan bahasa yang tidak efektif akan memunculkan potensi miskomunikasi dan kekacauan komunikasi. Dalam berkomunikasi pada era teknologi ini, hendaknya kita menggunakan bahasa yang efektif untuk meminimkan resiko negatif dan memaksimalkan pencapaian tujuan positif.

Communication and technology are two vital things today. All communication
activities are now effectively carried out using innovative technology, especially
social media. E-communication is not just how to communicate with innovative
technology but also how to speak effectively when communicating with social
media. The language in social media will greatly determine the image of its users. The use of ineffective language will lead to the potential for miscommunication and communication chaos. In communicating in this technological era, we should use effective language to minimize negative risks and maximize the achievement of positive goals.



Keywords


bahasa;e-communication;media sosial

Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul, Leonie Agustina. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal.

Jakarta: Rineka Cipta.

Darmuki, A. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video di Youtube pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 655-661. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.687.

Ennoch Sindang. (2013). Manfaat Media Sosial dalam Ranah Pendidikan dan Pelatihan. Jakarta: Pusdiklat KNPK.

Ihsana, Putri Dewi dkk. (2019). Penerapan Strategi E-Marketing Communication dan Ekuitas Merek Siaranku.com Terhadap Loyalitas Viewers. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi.

Keraf, Gorys. (1994). Komposisis: Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Ende: Nusa Indah.

Mcquil, Denis, Agus Dharma, dan Aminuddin Ram. (1994). Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Pangerapan, Semjuel Abrijani. (2020). “Peringkat Literasi Digital Meningkat, Pemerintah Terus Perkuat Gerakan Literasi” dalam

https://kominfo.go.id/content/detail/31038/peringkat-literasi-digitalmeningkat-pemerintah-terus-perkuat-gerakan-literasi/0/berita_satker (7 Agustus 2021).

Roman, A. V., Wart, M. V., Wang, X., Liu, C., Kim, S., & McCarthy, A. (2019). Defining E-leadership as Competence in ICT-Mediated Communications: An Exploratory Assessment. Public administration Review , 861.




DOI: https://doi.org/10.24176/pibsi.v43i1.205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.