Nilai Sosial dalam Novel Eavesdrop Karya Leefe sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Gita Sabila

Abstract


Nilai sosial merupakan nilai yang dianut oleh suatu masyarakat, serta nilai yang dianggap baik dan dianggap buruk oleh masyarakat. Nilai sosial juga merupakan penghargaan yang diberikan oleh masyarakat kepada sesuatu yang dianggap baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah nilai-nilai sosial dalam novel Eavesdrop karya Leefe sebagai implikasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilainilai sosial dalam novel Eavesdrop karya Leefe sebagai implikasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan deskriptif kualitataif. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data yang telah di dapat dan diperoleh dari kegiatan membaca dan mencatat data. Teknik pengumpulan data pada penelitian yaitu dengan cara dokumentasi. Data pada penelitian ini diperoleh dari novel Eavesdrop karya Leefe. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan cara mereduksi data, menyimpulkan data, menyajikan data dan menarik simpulan data. Nilai sosial dalam novel Eavesdrop karya Leefe sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.

 

Social values are values held by a society, as well as values that are considered good and considered bad by society. Social value is also an award given by society to something that is considered good. The formulation of the problem in this study is how the social values in Leefe's Eavesdrop novel have implications for learning Indonesian in high school. This study aims to describe the social values in Leefe's novel Eavesdrop as implications for learning Indonesian. The research method used in this study is descriptive qualitative. This research was conducted by collecting data that had been obtained and obtained from reading and recording data activities. The technique of collecting data in research is by means of documentation. The data in this study were obtained from the novel Eavesdrop by Leefe. Data analysis in this study was carried out by reducing data, concluding data, presenting data and drawing data conclusions. Social values in Leefe's novel Eavesdrop as teaching materials for learning Indonesian in high school.


Keywords


nilai sosial;novel;bahan ajar

Full Text:

PDF

References


Aulia, Novi (2017). “Niali Sosial dalam Novel Jala Karya Titis Basino dan Implikasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA” Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, Volume 8, No.2, September 2017, 126-133.

Hidayati, N. A., Waluyo, H. J., Winarni, R., & Suyitno. (2020). Exploring the Implementation of Local Wisdom-Based Character Education among Indonesian Higher Education Students. International Journal of Instruction, 13(2), 179-198. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13213a

Leefe. (2021). Eavesdrop. Jakarta Timur: KataDepan.

Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Putri, Tevi Septiyani., Yulianeta., & Agustiningsih, Dheka Dwi. (2021). “Nilainilai Sosial dalam Novel Si Anak Badai Karya Tere Liye dan

Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra Siswa SMA”

@rtikulasi, Volume 1, No.1, April 2021, 65-74.

Risdi, Ahmad. (2019). Nilai-Nilai Sosial Tinjauan dari Sebuah Novel. Lampung: CV. IQRO.

Saputra, Nanda & Saputra, Miswar. (2020). “Nilai Sosial dalam Novel Perempuan Bersampur Merah Karya Intan Andaru Alternatif sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA”. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, Agustus 2020, 657-666.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sauri, Sopyan. (2020). “Nilai-nilai Sosial dalam Novel Hujan Karya Tere Liye sebagai Bahan Pembelajaran Kajian Prosa pada Mahasiswa Program Studi Diksatrasiada Universitas Mathla’ul Anwar Banten”. Jurnal Literasi, Volume 4, No.1, April 2020, 38-45.

Suyitno. (2009). Apresiasi Puisi dan Prosa. Surakarta: (LPP) UNS dan UNS (UNS Press).

Yani, Fitri., Muhtaron, Imam., & Mujtaba, Sahlan. (2021). “Nilai Sosial dalam Novel Yogyakarta Karya Damien Demarta dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar di SMA: Kajian Sosiologi Sastra”. LITERASI, Jurnal Ilmiah Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia, Voume 11, No.2, Juli 2021, 109-116.




DOI: https://doi.org/10.24176/pibsi.v43i1.222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.