Analisis Nilai Moral Film Tilik Karya Wahyu Agung Prasetyo

Nurul Afifah, Mohammad Kanzunnudin, Irfai Fathurohman

Abstract


Industri perfilman di Indonesia sekarang berkembang pesat. Seiring dengan perkembangan zaman film di Indonesia memiliki berbagai macam genre salah satunya film pendek Tilik karya Wahyu Agung Prasetyo. Film Tilik merupakan film pendek yang berdurasi 32.34 menit dengan menggunakan bahasa Jawa yang diproduksi Ravacana Films. Film Tilik memiliki nilai moral yang masih melekat dalam kehidupan masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan niali moral yang terkandung dalam filim Tilik karya Wahyu Agung Prasetyo. Penelitian ini menggunakan penelitian deskripsi kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode baca dan teknik percatatan dengan data yang berupa penggalan teks yang mengandung nilai moral pada film Tilik karya Wahyu Agung Prasetyo. Hasil dari penelitian ini menjelaskan nilai moral yang terkandung dalam film Tilik.

 

The film industry in Indonesia is now growing rapidly. Along with the development of the times films in Indonesia have various genres one of which is the short film Tilik by Wahyu Agung Prasetyo. Tilik film is a short film with a duration of 32.34 minutes using the Javanesa language produced by Ravacana Films. Tilik film has moral values that are still inherent in people’s lives. The purpose of this study is to describe the moral values contained in the film tilik by Wahyu Agung Prasetyo. This research uses qualitative descriptive research. This study uses reading methods and notetaking techniques with data ini the form of text fragments containing moral values in the film tilik by Wahyu Agung Prasetyo. The results of this study explain the moral values contained in the film tilik.


Keywords


tilik;film;nilai moral

Full Text:

PDF

References


Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:

Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta. Gajah Mada University press.

Nurgiyantoro, Burhan. (2009). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta. Gajah Mada University Press.

Nurhablisyah, dan Susanti Khikmah. (2020). Analisis Isi Tilik Sebuah Tinjauan Narasi Film Dvid Bordwell. Ilmu Komunikasi UHO. V (4), 318-332.

Nurhidayat, Benes. (2016). Kritik Sosial dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari:Tinjaun Sosiologi Sastra dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Siswantoro. (2020). Metode Penelitian Sastra Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.24176/pibsi.v43i1.223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.