Analisis Unsur Budaya Buku Ajar Bikom: Bipa Komunikasi Perkantoran Pemula

Shofiyaturrosyidah Shofiyaturrosyidah, Mohammad Kanzunnudin, Muhammad Noor Ahsin

Abstract


Buku merupakan jalan pandang yang menuju cakrawala pembaca. Melalui buku seseorang akan mendapat sebuah pengantar baru dalam pencarian nya. Sehebungan dengan buku dalam penelitian ini peneliti meneliti buku ajar BIPA yang berjududul BIKOM: BIPA Komunikasi Perkantoran Pemula A. Buku yang di tulis oleh Tim BIPA Dahsyat. BIPA (Bahaasa Indonesia bagi Penutur Asing) merupakan sebuah progam menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa asing. Pembelajaran BIPA tidak lepas dari buku ajar nya. Salah satu kegiatan belajar mengajar adalah tentang budaya. Salah satu cara untuk memperkenalkan budaya Indonesia sebagai materi ajar. Unsur budaya selalu berhubungan erat dengan pembelajaran BIPA. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan unsur budaya buku ajar BIKOM: BIPA Komunikasi Perkantoran Pemula A. Hasil dari penelitian ini menjelaskan unsur budaya buku ajar BIKOM: BIPA Komunikasi Perkantoran Pemula A, dengan kategori sangat sesuai, dan Analisis Unsur Budaya buku ajar BIKOM: BIPA Komunikasi Perkantoran Pemula A, dengan total persentase rata-rata 1.150,2% dan rata-rata 95,85 % Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku ajar BIKOM: BIPA Komunikasi Perkantoran Pemula A sangat layak digunakan sebagai buku ajar dalam proses pembelajaran BIPA. Agar bermanfaat bagi masyarakat dan dijadikan referensi bagi pengajar BIPA yang sedang menggeluti bidang BIPA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berupa buku ajar BIKOM: BIPA Komunikasi Perkantoran Pemula A.

 

Books are a way of looking at the horizon of the reader. Through books one will get a new introduction in his quest. In connection with the book in this study, the researcher examined the BIPA textbook entitled BIKOM: Beginner Office Communication BIPA A. A book written by the BIPA Strikes Team. BIPA (Indonesian Language for Foreign Speakers) is a program to make Indonesian as a foreign language. BIPA learning cannot be separated from the textbook. One of the teaching and learning activities is about culture. One way to introduce Indonesian culture as teaching material. Cultural elements are always closely related to BIPA learning. The aims of this study are (1) to describe the cultural elements of the BIKOM textbook: BIPA Beginner Office Communication A. The results of this study explain the cultural elements of the BIKOM textbook: BIPA Beginner Office Communication A, with a very appropriate category, and Analysis of the Cultural Elements BIKOM textbook.: BIPA Beginner Office Communication A, with an average total percentage of 1150.2% and an average of 95.85 % So it can be concluded that the BIKOM textbook: BIPA Beginner Office Communication A is very suitable to be used as a textbook in the BIPA learning process. To be useful for the community and be used as a reference for BIPA teachers who are in the BIPA field. This research is a type of qualitative descriptive research. The data source of this research is the BIKOM textbook: BIPA Beginner Office Communication A.


Keywords


buku ajar;BIPA;unsur budaya

Full Text:

PDF

References


Kusmiatun, Ari. (2016). Mengenal BIPA dan Pembelajarannya. Yogyakarta: KMedia.

Muliastuti, Liliana, Marlina, and Dhian Kurniawati. (2016). Sahabatku Indonesia Tingkat A2. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Muliastuti, Liliana, and Camilia Rahahitami. (2016). Sahabatku Indonesia Tingkat A1. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Muliastuti, Liliana. (2017). Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Pusbuk, Depdiknas. (2012). Pedoman Pengembangan Buku Pelajaran. Jakarta. Pusat perbukuan.

Sadtono, E. (2002). Perlukah Kita Memahami Kebudayaan Asing? Makalah disajikan dalam Kursus Pramuwisata Muda Jatim di Surabaya pada 7—11 Oktober 2002.

Suyitno, Imam. (2005). Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing: Teori, Strategi, dan Aplikasi Pembelajarannya. Yogyakarta: Grafika Indah. 2007. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Untuk.

Sugino, S. (1995). Pendekatan Komunikatif-Integratif-Tematis dalam

Pengembangan Bahan dan Metodologi Pengajaran BIPA di Indonesia,

Makalah Kongres BIPA 1995 Fakultas Sastra Universitas Indonesia Jakarta.

Sumardjo, Jakob. (2005). Ekologi dalam Seni Tardisi, (Online),

(http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2005/1205/17/02.htm, diakses 6 Februari 2006).

Thompson, M., Ellis, R., dan Wildavsky, A. (1990). Cultural Theory. Oxford: Westview Press.




DOI: https://doi.org/10.24176/pibsi.v43i1.224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.