Gaya Bahasa dalam Lirik Lagu Fourtwnty pada Album Ego dan Fungsi Otak sebagai Alternatif Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa di Sekolah

Dewi Noor Aisyah, Muhammad Noor Ahsin, Mila Roysa

Abstract


Model pembelajaran yang kreatif dalam pengajaran siswa di sekolah menjadi faktor utama untuk tercapainya pemahaman bahan materi bagi siswa. Lirik lagu Fourtwnty dalam album ego dan fungsi otak dapat menjadi media alternatif sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa di sekolah. Penelitian ini pertama bertujuan agar siswa dapat memahami matei gaya bahasa dan penggunaannnya serta siswa juga dapat memperkaya kosa kata dengan adanya materi gaya bahasa yang dianalisis dalam lirik lagu. Kedua, dengan adanya penggunaan bahan ajar lirik lagu ini meningkatkan minat belajar siswa dalam materi bahasa sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Membahas mengenai gaya bahasa yang terdapat dalam Lirik lagu Fourtwnty pada album ego dan fungsi otak. Gaya bahasa menjadi pokok penting dalam lirik lagu. Jika dikaitkan dengan estetika bahasanya, gaya bahasa menjadi objek utama keberhasilan menghidupkan suatu lagu. Dengan gaya bahasa yang proporsional akan mewujudkan bahasa-bahasa yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode simak, pustaka dan catat. Hasil dari penelitian ini menjelaskan tentang penggunaan gaya bahasa dalam lirik lagu Fourtwnty pada Album ego dan fungsi otak. Gaya bahasa tersebut terdiri dari majas perbandingan, majas pertentangan, majas sindiran, dan majas penegasan. Inovasi baru dengan gaya pengajaran dan bahan ajar yang memanfaatkan lagu akan menjadi alternatif pembelajaran bahasa di sekolah secara kreatif dan menyenangkan.

 

Creative learning models in teaching students in schools are the main factors for achieving understanding of material for students. Fourtwnty song lyrics in the album of ego and brain function can be an alternative media as teaching materials for language learning in schools. This research first aims so that students can understand style material and its use and students can also enrich vocabulary with the language style material analyzed in song lyrics. Second, the use of song lyrics teaching materials increases students' interest in learning language material so that the learning process becomes more effective. Discusses the style of language contained in the lyrics of the Fourtwnty song on the ego album and brain function. Language style is an important subject in song lyrics. If it is associated with the aesthetics of the language, language style becomes the main object of success in bringing a song to life. With a proportional language style will create quality languages. This study uses a qualitative descriptive method approach. This study uses the method of listening, literature and notes. The results of this study explain the use of language style in the lyrics of the song Fourtwnty on the ego album and brain function. The language style consists of comparative figure of speech, figure of speech of opposition, figure of speech insinuation, and figure of speech affirmation. New innovations with teaching styles and teaching materials that utilize songs will be an alternative for language learning in schools in a creative and fun way.


Keywords


gaya bahasa;lirik lagu;pembelajaran bahasa

Full Text:

PDF

References


Ardika, K., & Marwanto, M. (2019). Pemanfaatan Lagu Secara Komersial Pada Restoran Serta Keberadaan Pengunjung Yang Menyanyikan Lagu Secara Volunteer. Kertha Semaya: Journal Ilmu Hukum, 7(6), 1-13.

Cahyo, A. N., Manullang, T. A. A., & Isnan, M. (2020). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme pada Lagu Bahaya Komunis Karangan Jason Ranti. Asas: Jurnal Sastra, 9(1).

Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190-204.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses melalui

https://kbbi.web.id/, 31 Agustus 2021.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) di SD dan MI. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Maretta, A. D., Wardani, N. E., & Anindyarini, A. (2019). Analisis Stilistika dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Lirik-Lirik Lagu Fourtwnty Album Lelaku Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Tingkat SMA. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 31-39.

Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradopo, R. D. (2009). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, N. K. (2017). Stilistika Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santoso, S. (2016). Majas Dalam Novel Semesta Mendukung Karya Ayuwidya. Jurnal Bastra, 2(1).

Sulistyowati, E., Wulandari, N. I., & Putri, A. D. (2019). Klasifikasi Emosi yang Terdapat dalam Lirik Lagu Fourtwnty Album Fungsi Ego dan Otak. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(2), 239-251.

Tarigan, H. G. (2013). Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.24176/pibsi.v43i1.225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.