Kevariasian Bahasa dalam Iklan Kuliner Khas Semarang di Website

Nanik Setyawati, Eva Ardiana Indrariani

Abstract


Sebuah bisnis harus dilengkapi dengan kekuatan periklanan yang handal dan efektif. Untuk menarik minat para target konsumen dibutuhkan pemanfaatan bahasa iklan kuliner yang menarik dan dapat membuat calon konsumen penasaran untuk mencicipinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kevariasian bahasa dalam teks iklan kuliner khas Semarang di website. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari media internet jenis layanan website, sedangkan data dalam penelitian ini adalah teks iklan kuliner yang memperlihatkan pemakaian kevariasian bahasa. Metode dan teknik penyediaan data menggunakan metode simak; sedangkan teknik dasar yang dipergunakan adalah teknik sadap dan teknik lanjutan yang dipergunakan adalah teknik simak bebas libat cakap dengan teknik catat. Metode dan teknik analisis data menggunakan metode agih dan metode padan. Dalam metode agih digunakan teknik dasar berupa teknik bagi unsur langsung; sedangkan dalam teknik lanjutan digunakan teknik parafrase. Dalam metode padan digunakan teknik dasar berupa teknik pilah unsur penentu, dengan daya pilah referensial; sedangkan dalam teknik lanjutan digunakan teknik hubung banding menyamakan. Hasil analisis data disajikan secara informal. Dari hasil penelitian ditemukan adanya kevariasian bahasa dalam teks iklan kuliner khas Semarang di website dengan pemanfaatan: 1) slogan, 2) kalimat persuasif, 3) subjek orang pertama, dan 4) bahasa yang singkat, padat, dan jelas.

 

A business must be equipped with reliable and effective advertising power. To attract the interest of target consumers, it is necessary to use an attractive culinary advertising language and can make potential consumers curious to taste it. The purpose of this study was to describe the language variation in the text of Semarang typical culinary advertisements on the website. The method used in this study is a qualitative descriptive method. The source of data in this study was taken from internet media, the type of website service, while the data in this study was culinary advertisement text that showed the use of language variations. Methods and techniques for providing data using the look at method; while the basic technique used is the tapping technique and the advanced technique used is the free-of-conversation listening technique with the note-taking technique. Methods and techniques of data analysis using the agih method and the equivalent method. In the agih method, basic techniques are used in the form of techniques or direct elements; while in advanced technique used paraphrasing technique. In the matching method, the basic technique is used in the form of a determining element sorting technique, with a referential sorting power; while in the advanced technique, the comparison technique is used. The results of data analysis are presented informally. From the results of the study, it was found that there were variations in language in the text of Semarang typical culinary advertisements on the website by using: 1) slogans, 2) persuasive sentences, 3) first person subjects, and 4) short, concise, and clear language.


Keywords


bahasa;iklan;kuliner;website

Full Text:

PDF

References


Gardjito, Murdijati; Rhaesfaty Galih Putri; & Swastika Dewi. (2016). Profil Struktur, Bumbu, dan Bahan dalam Kuliner Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Kompasiana.com. (2015, 24 Juni). “Sejarah Kuliner Semarang”. Diakses 22 September 2021, dari

https://www.kompasiana.com/ardhi.dikka/5530004b6ea83406038b4634/sejarah-kuliner-semarang.

Kotler, Philip & Astrong, Gary. (2011). 10th Edition. “Marketing an InLiliweri,

Alo. 1992. Dasar-dasar Komunikasi Periklanan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi.

Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rahman, Taufiqur. (2017). Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Sudaryanto. (1990). Aneka Konsep Kedataan Lingual dalam Linguistik. Yogyakarta: Duta Wacana Universty Press.

Surakhmad, Winarno. (1990). Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode, dan Teknik. Bandung: Tarsito.

Tjiptono, Fandy. (2005). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.24176/pibsi.v43i1.230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.