Kalimat Persuasif dalam Akun Instagram Disporaparkabtegal dan Implikasinya

Syamsul Anwar, Khusnul Khotimah

Abstract


Bahasa merupakan alat komunikasi dan dapat digunakan untuk bertukar ide, berdiskusi, atau membahas masalah yang dihadapi. Penggunaan bahasa yang baik dan mudah untuk dimengerti oleh orang lain akan berdampak pada komunikasi berjalan dengan baik. Kalimat persuasif merupakan kalimat yang bertujuan untuk meyakinkan serta membujuk orang lain supaya mau mengikuti atau membeli produk yang diiklankan. Metode penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data yang dibutuhkan adalah kalimat persuasif dalam akun instagram disporaparkabtegal. Sumber data penelitian ini adalah akun instagram disporaparkabtegal yang dikumpulkan dengan metode simak, teknik simak. Hasil penelitian dalam akun instagram disporaparkabtegal. Namun tidak semua postingan terdapat kalimat persuasif. Wujud kalimat persuasif dalam akun instagram disporaparkabtegal ialah Teruslah berkarya!, Yuhh...Bayar tiket masuk Guci nganggo E-Ticketing. Implikasi pembelajaran kalimat persuasif dalam akun disporaparkabtegal ialah dapat digunakan sebagai contoh bahan ajar, materi ajar atau topik pembelajaran di sekolah.


Keywords


kalimat;persuasi;instagram;implikasi

Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul, dan Leonie Agustina. (2004). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Finoza, Lamudin. (2008). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Keraf, Gorys. (2006). Komposisi. Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.

Harista, Eva. (2017). Pengunaan Bahasa Persuasi di Media Sosial dalam Berdakwah pada Akun Facebook ‘Yusuf Mansur (Official)’. Dari Mawa’ish Jurnal Dakwah dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan Vol. 8, no. 2 (2017), pp. 308-324. Diunduh 27 April 2021.

https://pakarkomunikasi.com/bahasa-sebagai-alat-komunikasi. Diunduh 27 April 2021

https://www.bola.com/ragam/read/4500993/pengertian-kalimat-persuasif-ciri-cirifungsi-jenis-jenis-dan-contohnya. Diunduh 28 April 2021.

Indrawati. (2019). Bahasa Persuasif Kaum Milenial Pada Pilpres 2019. Dari https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/undas/article/download/1148/670. Diunduh 27 April 2021.

Moleong, L. J. (1994). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rohmadi, Muhammad. (2017). Pragmatik Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Suparno dan Yunus. (2008) Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka,




DOI: https://doi.org/10.24176/pibsi.v43i1.232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.