Iklan Layanan Masyarakat dengan Kearifan Lokal Sebagai Sarana Pencegahan Persebaran Covid 19 Di Jawa Tengah

Rianna Wati, Dwi Susanto

Abstract


Situasi pandemi sejak awal tahun 2020 sampai saat ini belum berakhir. Di pertengahan 2021 yang lalu justru angkanya naik. Dibutuhkan kerja sama dengan semua elemen masyarakat agar persebarannya dapat dicegah, salah satunya dengan membuat iklan layanan masyarakat. Iklan Layanan Masyarakat (ILM) merupakan iklan yang digunakan untuk menyampaikan informasi persuasif atau mendidik khalayak yang bersifat sosial agar masyarakat sebagai audiens dapat bertambah pengetahuannya, bertambah kesadaran dan sikapnya, serta berubah perilakunya agar mempunyai pandangan positif dan kehidupan lebih baik. Pemerintah daerah atau pusat memang telah melakukan berbagai kegiatan pencegahan, tapi kesadaran masyarakat perlu terus dipupuk dan dikembangkan agar menjadi pola hidup sehat terutama untuk 5 M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Namun demikian, perlu dibuat ajakan masif melalui iklan layanan masyarakat yang bisa disebar melalui media sosial atau kelompok masyarakat tertentu. Agar ILM tepat dan menggerakkan masyarakat, sentuhan kedaerahan atau kearifan lokal bisa menjadi salah satu alternatifnya. Untuk itu, kerja sama dengan komunitas yang ada di daerah akan sangat membantu tersampaikannya pesan tersebut dengan baik. Forum Lingkar Pena (FLP) Jawa Tengah digandeng sebagai mitra dalam pembuatan iklan ini karena organisasi tersebut bergerak di bidang literasi dan strukturnya sudah sampai di hampir semua kabupaten/kota di Jawa Tengah. Keberadaan komunitas FLP dapat dimanfaatkan untuk melakukan gerakan sosial yang bertujuan pada usaha pencegahan persebaran covid 19 di wilayah Jawa Tengah. Atas dasar tersebut, pengabdian ini mengadakan kegiatan pelatihan penulisan iklan layanan masyarakat untuk mencegah persebaran covid 19 pada komunitas FLP. Kegiatan ini bersifat praktis, yakni memberikan materi kepenulisan iklan hingga cara pembuatan skenario film pendek tentang cara hidup bersih dan sehat serta gerakan edukasi terhadap covid 19 dan cara mencegahnya. Hasil kegiatan ini berupa pamflet dan video pendek ILM tentang pencegahan persebaran covid 19 dengan pendeketan kearifan lokal, yang akan diproduksi dan disebarkan oleh komunitas FLP di daerahnya. Harapannya, semakin banyak masyarakat yang teredukasi dan persebaran covid bisa dicegah.

 

The pandemic situation since the beginning of 2020 has not yet ended. In mid- 2021, the number actually went up. It takes cooperation with all elements of society so that its spread can be prevented, one of which is by making public service advertisements. Public Service Announcements (PSA) are advertisements used to convey persuasive information or educate social audiences so that the public as audiences can increase their knowledge, increase awareness and attitude, and change their behavior in order to have a positive outlook and a better life. The regional or central government has indeed carried out various prevention activities, but public awareness needs to be continuously nurtured and developed to become a healthy lifestyle, especially for the 5 points, namely wearing masks, maintaining distance, washing hands, staying away from crowds, and reducing mobility. However, it is necessary to make a massive invitation through public service advertisements that can be spread through social media or certain community groups. So that PSAs are appropriate and move the community, a touch of regionalism or local wisdom can be an alternative. For this reason, collaboration with local communities will greatly help convey the message properly. The Lingkar Pena Forum (FLP) of Central Java was partnered with in making this advertisement because the organization is engaged in literacy and its structure has reached almost all districts/cities in Central Java. The existence of the FLP community can be used to carry out social movements aimed at preventing the spread of COVID-19 in the Central Java region. On this basis, this service held training activities for writing public service advertisements to prevent the spread of covid 19 in the FLP community. This activity is practical, namely providing advertising writing materials to how to make short film scenarios about clean and healthy living as well as educational movements against covid 19 and how to prevent it. The results of this activity are in the form of pamphlets and short PSA videos about preventing the spread of covid 19 with a local wisdom approach, which will be produced and distributed by the FLP community in their area. The hope is that more people will be educated and the spread of covid 19 can be prevented.


Keywords


iklan;masyarakat;pencegahan;covid 19

Full Text:

PDF

References


Anwar A. (2010). Teori Sosial Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Bakhtin M. (1973). Problems of Dostoevsky’s Poetics. Ann Arboer: University of Michigan Press.

Newton KM. (1994). Menafsirkan Teks, Pengantar kritis kepada teori dan praktek penafsiran sastra. translated. Soelistia M, editor. Semarang: IKIP Semarang Press

Kasali, Rhenald. (1995). Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Pujiyanto. (2013). Iklan Layanan Masyarakat. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Purwadi. (2012). Konsep Kekuasaan Jawa menurut Serat Nitipraja. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahyono, F. X. (2009). Kearifan Budaya dalam Kata. Jakarta: Wedatama Widyasastra.

Rosidi, A. (2011). Kearifan Lokal dalam Perspektif Budaya Sunda. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Sayuti, Suminto A. (2000). Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.

Wakit A. Rais. (2017). Kajian Etnolinguistik: Kearifan Lokal dalam Bahasa dan Budaya Jawa. Pidato Pengukuhan Guru Besar Etnolinguistik Fakultas Ilmu Budaya, UNS.

Kailani N. Forum Lingkar Pena and Muslim youth in contemporary Indonesia. Rev Indones Malaysian Aff. 2012;46(1):33–53.

Mukti W., Andayani, Wardani. Social Issues of Ayat-Ayat Cinta 2 Novel by Habiburrahaman El Shyrazy. Komposisi; J Pendidik Bahasa, Sastra, dan Seni. 2017;18(2):197–215.

Sartini. (2004). Menggali kearifan lokal nusantara: Sebuah kajian filsafati. Jurnal Filsafat, Jilid 37, Nomor 2, Agustus 2004. Diunduh dari http://jurnal.filsafat.ugm.ac.id/index.php/jf/article/ viewPDFInterstitial/.../41.

Rizal JG. (2008) Menristek Jelaskan Mutasi Virus Corona dan Dampaknya jika Menyebar Menristek Jelaskan Mutasi Virus Corona dan Dampaknya jika Menyebar di Indonesia. 2020 Sep 2; dalam web

https://www.kompas.com/tren/read/2020/12/31/063000265/menristekjelaskanmutasi-virus-corona-dan-dampaknya-jika-menyebar-di?page=all

NN. 2020. Hadapi Corona, Ganjar Minta Desa Hidupkan Kearifan Lokal dalam web https://humas.jatengprov.go.id/detail_berita_gubernur?id=4190

Suara Merdeka. 2020. https://suaramerdekasolo.com/2020/04/02/wonogirialokasikan-rp-52-miliar-untuk-jaring-pengaman-sosial-antisipasi-dampakturunan-covid-19/

Gischa. 2020 "Manfaat Iklan Layanan Masyarakat dan Isinya", dalam

web https://www.kompas.com/skola/read/2020/06/19/131721069/manfaatiklan-layanan-masyarakat-dan-isinya.




DOI: https://doi.org/10.24176/pibsi.v43i1.236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.