Revitalisasi Bahasa Indonesia pada Aplikasi Malang Menyapa sebagai Wujud Eskalasi Prestise Bahasa Indonesia Ranah Pariwisata

Ermira Nilansari Putri, Main Sufanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan bahasa pada aplikasi “Malang Menyapa” dan menjelaskan usaha dalam merevitalisasi bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian bahasa dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini dari bentuk tulisan baik kata, frasa, atau kalimat pada aplikasi “Malang Menyapa”. Sumber datanya berasal dari aplikasi “Malang Menyapa”. Teknik pengumpulan data dalam kajian ini memakai teknik catat (dengan cara mencatat data-data yang relevan dengan kajian ini). Penelitian ini memanfaatkan jenis analisis data padan dengan teknik analisis berupa refrensial. Dengan berpatokan pada hasil analisis datanya berasal dari aplikasi “Malang Menyapa”, peneliti menemukan bahwa frekuensi kekeliruan bahasa Indonesia (ranah ejaan, fonologi, sintaksis dan penggunaan unsur asing). Dalam konteks kebahasaan revitalisasi berarti menghidupkan kembali bahasa Indonesia sesuai dengan panduan yang ada. Ada berbagai upaya revitalisasi pada berbagai ranah (sekolah, masyarakat dan media massa). Edukasi mengenai bahasa Indonesia harus diajarkan di segala jenjang pendidikan agar bahasa Indonesia mampu dipandang berwibawa dan terhormat di negara sendiri. Terlepas dari semua usaha tersebut tetap saja bahwa otoritas bahasa tidak mungkin dapat ditegakkan tanpa pelaksanaan dan kerja sama darii berbagai pihak.

 

This study aims to analyze the language errors in the “Malang Menyapa” application and explain the efforts to revitalize the Indonesian language. This research is a language research using qualitative descriptive research. The data in this study were written in the form of words, phrases, or sentences in the “Malang Menyapa” application. The data source comes from the “Malang Menyapa” application. The data collection technique in this study uses a notetaking technique (by recording data relevant to this study). This study utilizes the type of equivalent data analysis with analytical techniques in the form of referential. Based on the results of the analysis of the data from the “Malang Menyapa” application, the researcher found that the frequency of errors in Indonesian language (spelling, phonology, syntax and use of foreign elements) was found. In the linguistic context, revitalization means reviving the Indonesian language according to existing guidelines. There are various revitalization efforts in various domains (schools, communities and mass media). Education about the Indonesian language must be taught at all levels of education so that Indonesian can be seen as authoritative and honorable in their own country. Despite all these efforts, it is still impossible for the language authority to be enforced without the implementation and cooperation of various parties.


Keywords


kesalahan bahasa;malang menyapa;prestise bahasa;revitalisasi

Full Text:

PDF

References


Afnita, Eriska K., Herfina A. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Sintaksis dalam Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Padang. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 16-24.

Akmaluddin, (2016). Problematika Bahasa Indonesia Kekinian: Sebuah Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Ragam Tulisan. Mabasan, 10(2), JuliDesember, 63-84.

Dasuki, S., etc. (2015). Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Ruang Publik di Kota Surakarta. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia 2015, 255-266.

Ervina. (2019). Kesalahan Penggunaan Bahasa Pada Iklan Komersial Media Luar Ruang Di Kabupaten Kediri. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), Agustus, 85-102.

Firman, M., & Suhendra. (2020). Pemartabatan Bahasa Indonesia Ragam Tulis Pada Ruang Publik: Sebagai Kontestasi Pasar dan Penegakkan Peraturan Penggunaan Bahasa. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, Mei, 1381-1390.

Gloriani, Y. (2017). Konservasi dan Revitalisasi Bahasa Sebagai Salah Satu Upaya Internasionalisasi Bahasa Indonesia. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 1-11.

Harzoni, Suhirman, & Ixsir E. (2021). Indonesian Spelling Errors in the Description Text. Jadila: Journal of Development and Innovation in

Language and Literature Education, 2(3), Agustus, 283-291.

Hasani, A., & Erwin S. R. (2018). Upaya Memartabatkan Bahasa Indonesia Melalui Peningkatan Mutu Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Jurnal Membaca, 3(1), April, 85-90

Kusmiarti, R., Johanes S., & Ria A. (2020). The Need for the Development of Indonesian Language Syntax Teaching Materials Based on STEAM Approach. Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP), 385-390.

Kustomo, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Menggunakan Ejaan dan Tanda Baca dalam Menulis Pengalaman Pribadi dengan Teknik Jigsaw Kelas VII B SMP Negeri 1 Rengel Kabupaten Tuban. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 2(2), 57-75.

Kusumawati, T. I. (2018). Peranan Bahasa Indonesia dalam Era Globalisasi. Nizhamiyah, 8(2), Juli-Desember, 68-77.

Lathifah, N. R., Febiana D. A., & Selvi R. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Tataran Fonologi pada Kanal Youtube “Mas Bas-Bule Prancis”. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 91-98.

Mahliga, E. N., Sumadi, & Novi E. S. (2021). Syntactic Error in the Response Text of Grade IX B SMPN 12 Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(5), 683–695.

Maulida, U. (2021). Kesalahan Berbahasa Tataran Ejaan, Morfologi, dan Sintaksis Skripsi Mahasiswa Program Studi PGMI Binamadani. Dirasah, 4(1), Februari, 24-34.

Novianti, R., Syihabuddin, & Endang R. (2019). Phonology-based reading instruction to improve dyslexic students’ early reading ability. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 9(2), September, 443-451.

Pallawa, B. A. (2013). A Comparative Analysis between English and Indonesian Phonological Systems. International Journal of English Language Education, 1(3), June, 103-129.

Pratiwi, I. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Pemerolehan Bahasa Sunda pada Muhammad Nathan Putra Syahrul Anak Usia 4 Tahun: Kajian Fonologi. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 4(1), 22-40.

Purnama, S., Farikah, Burhan E. P., Sri W., Idham K., Syamsul H., & Watcharin J. (2019). The Impact of Listening Phonological Errors on Speaking: A Case Study on English Education. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), December, 899-913.

Putri, I., Syahnan D., & Malan L. (2019). Phonological Interference and Morphology of BMT in Student Narrative Essays, Indonesia. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(1), February, 61-71.

Reistanti, A. P. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Cerita Fabel Oleh Siswa Kelas VIII E di SMP 2 Muhammadiyah Surakarta. Kajian Linguistik dan Sastra, 2(2), Desember, 126-140.

Sikana, A. M., Antoni A. N., & Pasiyah T. (2021). Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi pada Pidato Juru Bicara Penanganan Virus Covid-19 Achmad Yurianto. Disastra, 3(1), 74-81.

Sutarma, I. G. P., & Sadia, I. K. (2014). Interferensi Bahasa Indonesia dalam Penggunaan Bahasa Bali Pada Lembar Basa Bali “Bali Orti” Harian Bali Post. Soshum Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(3), November, 185-196.

Syafitri, F., Mina S. L., & Sri M. H. (2021). Interferensi Bahasa Pesisir Sibolga Tapanuli Tengah pada Karangan Narasi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Darur Rachmad Sibolga Sibolga Kajian Fonologi. Jurnal Basasasindo, 1(1),

Februari, 10-20.

Tim Pengembang Pedoman Bahasa Indonesia. (2016). Pedoman Umum Ejaaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Uswati, T. S., & Tato N. (2018). Kesalahan Sintaksis Pada Skripsi Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Indonesian Language Education and Literature, 4(1), Desember, 1-10.

Warnisa, I., Syahriandi & Trisfayani. (2020). Analisis Kesalahan Ejaan pada Berita Utama Serambi Indonesia Edisi Januari 2020. Jurnal Kande, 1(1), 1-8.

Yerry, M. (2018). Penyempurnaan Ejaan Bahasa Indonesia. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia, 3(1), 113-126.




DOI: https://doi.org/10.24176/pibsi.v43i1.237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.