Eksplorasi Pembelajaran Hots dan TPACK Mahasiswa PPG Program Studi Bahasa Indonesia Upgris: Sebuah Inovasi di Era Digital

Ngatmini Ngatmini, Suyitno Suyitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pembelajaran HOTS dan TPACK mahasiswa PPG Program Studi Bahasa Indonesia Universitas PGRI Semarang. Eksplorasi yang dimaksud adalah diperolehnya pengetahuan tentang inovasi pembelajaran HOTS dan TPACK oleh mahasiswa PPG program studi Bahasa Indonesia menggunakan media digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif eksploratif. Sumber data adalah mahasiswa PPG Bahasa Indonesia di UPGRIS. Jumlah mahasiswa 45 orang. Data berupa video dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian pembelajaran HOTS: pendidik/mahasiswa melakukan inovasi baru pada tahap menggali pengetahuan awal dikaitkan dengan pengetahuan baru, peserta didik melakukan diskusi, mempresentasikan, menanggapi, dan memberi argumen. Dalam penerapan pendekatan TPACK, pendidik sudah mengintegrasikan teknologi, pedagogi, dan konten, Platform media yang digunakan beragam sesuai dengan kondisi jaringan di lingkungan tempat kerja, yaitu zoom meeting, google meeting, google classroom,dan WhatsApp Group (WAG). Materi yang disampaikan meliputi: menganalisis teks berita, membuat teks cerita, menganalisis unsur pembangun teks hikayat, membuat teks prosedur, menganalisis teks iklan, teks pidato persuasif, dan teks tanggapan. Simpulan penelitian ini adalah pendidik/mahasiswa sudah melakukan inovasi dalam pembelajaran HOTS dan TPACK, pendidik yang mengajukan pertanyaan.

 

This study aims to explore HOTS and TPACK learning for PPG Students, Indonesian Language Study Program, PGRI University Semarang. The exploration in question is the acquisition of knowledge about HOTS and TPACK learning innovations by students of the Indonesian Language PPG study program using digital media. This study uses an exploratory descriptive approach. The data source is Indonesian PPG students at UPGRIS. The number of students is 45 people. Data in the form of videos and questionnaires. The data analysis technique used qualitative analysis. The results of HOTS learning research: educators/students make new innovations at the beginning of new knowledge, students discuss, respond, and give arguments. In implementing the TPACK approach, educators have integrated technology, pedagogy, and content. The media platforms used vary according to network conditions in the workplace, namely zoom meetings, google meetings, google classroom, and WhatsApp Group (WAG). The material presented includes: analyzing news texts, making story texts, analyzing the building blocks of saga texts, making procedural texts, analyzing advertising texts, persuasive speech texts, and response texts. The conclusion of this research is that educators/students have made innovations in HOTS and TPACK learning, educators who ask questions.


Keywords


era digital;pembelajaran HOTS dan TPACK

Full Text:

PDF

References


Ariyana, Yoki, dkk. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Dirjen GTK. (2021). lampiran Peraturan Direktur Jendral Pendidik dan Tenaga Kependidikan Nomor 1677/B/Hk.01.01/2021 tentang Petunjuk Teknis Program Pendidikan Profesi Pendidik Dalam Jabatan. Direktorat Jendral Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hülya Gür and Ayşen Karamete. (2015). A Short Review of TPACK for Teacher Education. Academic Journals. Vol. 10(7).

Koh, Joyce. (2016). “TPACK Concepts and Practices”. Proceeding The 2nd International Conference On Teacher Training and Education Sebelas Maret University Volume 2 Number 1 2016 ISSN: 25002 – 4124

Koehler, Matthew J. and Punya Mishra. (2009). What Is Technological

Pedagogical Content Knowledge? Michigan State University. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education January 2009. H 60-70.

Koehler, Punya Mishra Matthew J. (2006). Teknological Pedagogical Kontent knowledge: A Frmaework for Teacher Knowledge. Teacher College Record. Volume 108. No. 6 Juni 2006. Pp 1017-1054

Mudjiyanto, Bambang. (2018). “Exploratory Research In Communication Study”Jurnal Studi Komunikasi dan Media. ISSN 1978-5003. e-ISSN: 2407-6015

Muhtadi, Ali. (2020). Pembelajaran Inovatif. Modul mahasiswa PPG.

Sintawati, Mukti dan Fitri Indriani. 2019. “Pentingnya Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Pendidik Di Era Revolusi Industri 4.0” Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional.h 417-422. ISSN 2714-5972

Sopiani, Pian Suci, Iskhak Said, Ratnawati. (2019). “Investigating Students’ Higher Order Thinking Skills (HOTS) In Writing Skill (A Case Study At The Eleventh Grade Of A Senior High School In Banjar)”.JEET. Volume 3 Number 3, P 328-342

Tim. (2009). Kamus Besar Bahasa Indonesia (on line). Jakarta. Balai Pustaka. Wibawa, Ramadhan Prasetyo dan Dinna Ririn Agustina. 2019. Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Di Era Society 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. Equilibrium. Volume 7 Nomor 2, Juli 2019. Hal 137-142.

Ya-Ting & Carolyn Yang. (2015). Virtual ceos: A blended approach to digital gaming for enhanching higher order thinking and academic achievement among vocational high school students [Versi elektronik]. ScienceDirect: Computer and Education, 81, 281-295.

Yermiandhoko, Yoyok, (2020). ‘Penyusunan Perangkat Pembelajaran’. Dalam Modul Penyegaran Dosen/Instruktur Pendidikan Profesi Pendidik. Tim. Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 27-28.




DOI: https://doi.org/10.24176/pibsi.v43i1.243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.