Keterbacaan Wacana pada Buku Teks Sahabatku Indonesia untuk BIPA 3 dan BIPA 4 Berdasarkan Formula Grafik FRY

Septina Krismawati, Rishe Purnama Dewi

Abstract


Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) memiliki karakteristik yang berbeda dengan pembelajaran Bahasa Indonesia bagi penutur asli. Agar pembelajaran BIPA dapat berhasil, diperlukan berbagai faktor pendukung yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran BIPA. Salah satu faktor pendukung dalam pembelajaran BIPA adalah buku teks seperti buku Sahabatku Indonesia. Kualitas buku Sahabatku Indonesia dalam mendukung pembelajaran BIPA, salah satunya dapat dilakukan dengan mengukur keterbacaan wacana yang ada di dalamnya. Keterbacaan wacana yang sesuai dengan jenjang yang diikuti oleh para pemelajar BIPA akan sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran BIPA tersebut. Dalam mengukur tingkat keterbacan wacana buku teks Sahabatku Indonesia, peneliti menggunakan alat uji keterbacaan grafik Fry. Grafik Fry dipilih karena beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh formula keterbacaan lain. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data penelitian adalah buku Sahabatku Indonesia untuk BIPA 3 dan buku Sahabatku Indonesia untuk BIPA 4. Data penelitian, yaitu teks-teks wacana yang sesuai dengan kekhasan setiap formula. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 10 wacana yang ada pada buku BIPA 3, tujuh wacana dapat diukur dengan formula grafik Fry. Dari tujuh wacana itu, lima wacana kurang sesuai digunakan pada jenjang BIPA 3 ini karena lebih sesuai untuk tingkat BIPA 1 dan BIPA 2. Hasil penelitian pada buku BIPA 4, yaitu ada tujuh wacana yang sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran BIPA. Tiga wacana lain pada buku BIPA 4 kurang sesuai digunakan pada jenjang ini karena lebih sesuai untuk tingkat BIPA 1 dan BIPA 2. Hasil tersebut berimplikasi terutama kepada para pengajar BIPA agar lebih cermat dalam pemilihan bacaan yang sesuai untuk pemalajar tingkat BIPA 3 dan BIPA4.


Keywords


keterbacaan;wacana;sahabatku indonesia;grafik fry

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Adiningsih, Yulia. (2021). “Analisis Keterbacaan Wacana Buku Ajar Bahasa Indonesia SMP Menggunakan Formula Fry”. Jurnal Lingua, 1(2), 1–15. https://journal.stkipm-bogor.ac.id/index.php/Lingua/article/view/9, diakses 12 Agustus 2021.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Azizah, dkk. (2012). Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Program CLS (Critical Language Scholarship). Malang: Fakultas Sastra, Universitas Malang.

Dewi, Rishe Purnama, dkk. (2020). Bijak Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Kanisius.

Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan. (2016). Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Kursus dan Pelatihan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hardjasujana, dkk. (1999). Evaluasi Keterbacaan Buku Teks Bahasa Sunda untuk Sekolah Dasar di Jawa Barat. Jakarta: Depdikbud.

Kennedy, Shannon. (2019). CEFR Levels: What They Are, Why They Matter, and How to Test Yourself. https://www.fluentin3months.com/cefr-levels/ diakses pada 27 Januari 2021).

Mahsun. (2006). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muliastuti, Liliana. (2017). Bahasa Indoenesia bagi Penutur Asing: Acuan Teori dan Pendekatan Pengajaran. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugraha, Setya Tri. (2002). " Reader: Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing". Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Rahmawati, Gustini. (2015) ”Buku Teks Pelajaran Sebagai Sumber Belajar Siswa di Perpustakaan Sekolah di SMAN 3 Bandung” dalam Jurnal Online Edulib volume 5 nomor 1 tahun 2015.

Rahmawati, Yeni Ida. (2018). “Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Sahabatku Indonesia serta Nilai Pendidikan Karakter pada Level AI di Universitas Muhammadiyah Ponorogo” dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Kewarganegaraan IV http://seminar.umpo.ac.id/index.php/SEMNASPPKN/article/view/173,

diakses 28 Januari 2021.

Sitepu, B. P. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Suheri, dkk. (2018). “A Study on the Text Readability of an English Textbook Entitled Bright: an English Course for Junior High School Students Grade IX Published by Erlangga” dalam Jurnal Online Mahasiswa FKIP Universitas Riau Volume 5 Edisi 2 Juli—5 Desember 2018.

Tarigan, H. Guntur. (2009). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Tim Penyusun. (2019). Bahan Diplomasi Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Sahabatku Indonesia BIPA 3. Jakarta: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan.

___________. (2019). Bahan Diplomasi Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Sahabatku Indonesia BIPA 4. Jakarta: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan.

Wicaksana, dkk. (2019). “Analisis Soal Latihan Keterampilan Membaca dalam Bahan Ajar BIPA Sahabatku Indonesia Tingkat A1” dalam Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya,

http://journal2.um.ac.id/index.php/basindo/article/view/11589, diakses 28 Januari 2020.

Widharyanto, dkk. (2016). “ Keterbacaan Buku Teks Ekspresi Diri dan Akademik untuk SMK dengan Grafik Fry, Tes Klos, dan SMOG: Studi Kasus di SMK N 1 Cilacap dan SMK N 4 Yogyakarta” dalam Widya Dharma Jurnal Kependidikan Volume 28 Nomor 2, April 2016.

Yasa, dkk. (2013). “Kecermatan Formula Fesch, Fog Index, Grafik Fry. SMOG, dan BI sebagai Penentu Keefektifan Teks Berbahasa Indonesia” dalam eJournal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 2 Tahun 2013 (http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/info_bipa, diakses pada 26 Januari 2021).

(http://languagecenter.unj.ac.id/bipa/, diakses pada 27 Januari 2021).




DOI: https://doi.org/10.24176/pibsi.v43i1.245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.