Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pengalaman Pribadi Mahasiswa PBSI Universitas Sanata Dharma Bermedia Storybird
Abstract
Penelitian ini disusun dengan dua tujuan, pertama, memaparkan kemampuan menulis karangan narasi pribadi mahasiswa PBSI USD bermedia Storybird. Kedua, mendeskripsikan tipe-tipe kesalahan kebahasaan yang terdapat dalam hasil karangan narasi pribadi mahasiswa PBSI USD bermedia Storybird. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PBSI USD yang mengikuti perkuliahan Pembelajaran Berbasis TIK. Sumber data dalam penelitian ini adalah adalah hasil karangan narasi pengalaman pribadi yang dibuat oleh mahasiswa PBSI USD yang mengikuti perkuliahan Pembelajaran Berbasis TIK dengan menggunakan media Storybird. Data penelitian ini ialah isi karangan narasi mahasiswa yang memuat orientasi, komplikasi, evaluasi (jika ada), resolusi, koda, kebahasaan karangan narasi, dan ejaan. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes menulis narasi pengalaman pribadi menggunakan media Storybird. Terdapat dua hasil yang didapatkan dari penelitian ini. Pertama, kemampuan menulis narasi pengalaman pribadi mahasiswa PBSI USD dengan menggunakan media Storybird berada di kategori sedang dengan rata-rata sebesar 19,02, simpangan baku sebesar 1,82, dan berada di interval skor 18,11-19,92. Kedua, ada lima tipe kesalahan yang terdapat dalam hasil karangan narasi pengalaman pribadi, yaitu: 1) kesalahan tataran fonologis, 2) kesalahan tataran morfologis, 3) kesalahan tataran sintaksis, 4) kesalahan tataran semantik, dan 5) kesalahan tataran ejaan.
This research was structured with two objectives, the first, to describe the ability to write personal narrative essays of PBSI USD students with Storybird media. Second, describe the types of linguistic errors found in the personal narrative essays of PBSI USD students using Storybird media. This research was quantitative descriptive research. The population in this study were PBSI USD students who took ICT-Based Learning lectures. The source of data in this study is the result of a personal experience narrative essay made by PBSI USD students who attend ICT-Based Learning lectures using Storybird media. The research data are the student narrative essays which contain orientation, complications, evaluation (if any), resolution, code, narrative essay language, and spelling. The data collection of this research was a personal experience narrative writing test using the Storybird media. There are two results obtained from this study. First, the ability to write narratives of personal experiences of PBSI USD students using Storybird is in the medium category with an average of 19.02, the standard deviation of 1.82, and it is in the score interval of 18.11-19.92. Second, there are five types of errors found in the results of personal experience narrative essays, namely: 1) phonological level errors, 2) morphological level errors, 3) syntactic errors, 4) semantic level errors, and 5) spelling errors. .
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, J., & Mairu, T. (2018). Metode Hypnoteaching Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Mahasiswa. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(3), 354.
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i3.2111
Djatmika. (2018). Mengenal Teks dan Cara Pembelajarannya. Pustaka Pelajar.
Iskandarwassid, & Sunendar, D. (2011). Pembelajaran Bahasa bahasa. PT Remaja Rosdakarya.
Keraf, G. (2008). Narasi dan Argumentasi: Komposisi Lanjutan II. Gramedia Pustaka Utama. http://www.gramedia.com/author_detail.asp?id=ECAI3519
Kundharu, S., & Slamet, S. Y. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Karya Putra.
Nurgiyantoro, B. (2013). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. BPFE-Yogyakarta.
Oktafiani, N., Thamrin, T., & Rosdiana. (2020). Pengaruh Kemampuan Literasi Digital Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Mahasiswa Program Studi
PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jurnal Ilmiah Madrasah Ibtidaiyah, 02(2), 165–176.
Pangaribuan, T. R., Siagian, S., & Mursid, R. (2019). Kemampuan Menulis Teks Naratif Studi Kasus Korelasi Kecerdasan Emosional Dan Berpikir Kreatif Dengan Kemampuan Menulis Narasi. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(2), 208. https://doi.org/10.24114/jtp.v11i2.12586
Semi, M. A. (2009). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Angkasa.
Suharsaputra, U. (2014). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Refika Aditama.
Widodo, H. P. (2008). Process-Based Academic Essay Writing Instruction. Jurnal Bahasa Dan Seni, 36(1), 101–106.
DOI: https://doi.org/10.24176/pibsi.v43i1.246
Refbacks
- There are currently no refbacks.