Pariwisata dalam Bingkai Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)

Ari Kusmiatun

Abstract


Pariwisata merupakan salah satu topik materi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Pembelajaran BIPA dalam berbagai tingkat mencakup topik kajian yang menyesuaikan tujuan pembelajaran dan secara konteks pada fungsionalisasi Bahasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wujud teks bertopik wisata dalam bahan ajar BIPA, sebaran materi wisata dalam level pembelajaran BIPA, serta pengembangan materi ajar bertopik wisata. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis konten yang didukung dengan studi literatur. Sumber data penelitian adalah buku ajar BIPA Sahabatku Indonesia dan Modul BIPA UNY. Pengumpulan data menggunakan Teknik baca catat. Analisis data menggunakan mix-method. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud teks materi wisata dalam bahan ajar BIPA mencakup teks audio, visual, maupun multimodal. Materi wisata ditemukan di semua bahan ajar BIPA dari level dasar hingga lanjut. Dalam bahan ajar BIPA, pengembangan materi wisata dilakukan secara variatif dalam berbagai latihan, penugasan, dan informasi tambahan lainnya. Konten wisata dalam pembelajaran BIPA menjadi sebuah cara pengenalan wisata Indonesia pada pemelajar asing. Pengenalan wisata akan menambah luasnya wawasan dan pemahaman pemelajar terhadap Indonesia.

Keywords


topik pariwisata;BIPA;wisata indonesia

Full Text:

PDF

References


Agmasari, Silvita. (2019). “Apa Itu 10 Destinasi Wisata Prioritas? Tugas Lama Untuk Wishnutama Halaman All - Kompas.Com.”

https://travel.kompas.com/read/2019/10/23/104726127/apa-itu-10-destinasiwisata-prioritas-tugas-lama-untuk-wishnutama?page=all

Ahmad, Rofi’uddin. (2000). “Pengajaran BIPA untuk Komunikasi Bisnis di SEAMEO Regional Language Centre, Singapura”. Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (KIPBIPA) III. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Amanat, Tri. (2019). “Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Berbasis Folklor (Ziarah Mitos: Lahan Baru Pariwisata Indonesia).” Jurnal Pariwisata Terapan 3(1):65. doi: 10.22146/jpt.49277.

Creswell, John W. (2005). Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles:SAGE Publications.

Kusmiatun, Ari. (2016). “Topik Pilihan Mahasiswa Tiongkok dalam

Pembelajaran BIPA Program Transfer Kredit di UNY”. Jurnal Litera

(1):138-146. doi: https://doi.org/10.21831/ltr.v15i1.9773

Kusmiatun, Ari. (2018). Mengenal BIPA dan Pembelajarannya. Yogyakarta: KMedia.

Suyitno, Imam. (2005). Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (Teori, Strategi, dan Aplikasi Pembelajarannya). Yogyakarta: Grafika Indah.

Ellis, Rod. (1986). Understanding Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University Press.

Pendit, Nyoman S. (2003). Pengantar Ilmu Pariwisata. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

Siroj, Muhammad. (2015). “Pengembangan Model Integratif Bahan Ajar Bahasa Indonesia Ranah Sosial Budaya Berbasis ICT Bagi Penutur Asing Tingkat Menengah”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 4 (1): 74-84. doi:https://doi.org/10.15294/jpbsi.v4i2.11305.

Spillane, James J. (1987). Ekonomi Pariwisata, Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta: Kanisius.

Tomlinson, Brian. (1998). Material Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.




DOI: https://doi.org/10.24176/pibsi.v43i1.249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.