Menyingkap Tabir Humanistis dan Historis Temanggung dalam Antologi Puisi Progo 5 karya 30 Penyair Temanggung

Theresia Pinaka Ratna Ning Hapsari, Zumrotul Mustaqimah

Abstract


Penelitian berjudul “Menyingkap Tabir Humanistis dan Historis Temanggung dalam Antologi Puisi PROGO 5 Karya 30 Penyair Temanggung” dilatarbelakangi oleh penggunaan kata dalam larik puisi berisi tentang puisi sosial kemanusiaan dan historis yang diangkat dari kumpulan cerita kehidupan masyarakatTemanggung. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan fenomena kemanusiaan(humanistis)dalam sepuluh judul yang terdapat dalam antologi puisi PROGO 5 dan (2) mendeskripsikan fenomena historis Temanggung yang terdapat pada sepuluh judul dalam antolgi puisi PROGO 5. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kata dalam sepuluh judul pada antologi puisi PROGO 5. Metode pengumpulan data yang dipergunakan yaitu metode baca, simak, catat (BSC). Teknik penyediaan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik catat. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik Pilah Unsur Penentu (PUP). Hasil penelitian ini menemukan adanya nilai humanistis yang meliputi nilai moral diantaranya: manusia dan cinta kasih, manusia dan harapan, manusia dan tanggung jawab, manusia dan penederitaan, serta mengandung nilai historis diantaranya fenomenapembantaian yang terjadi di atas kali Progo pada tahun 1948-1949.


Keywords


antologi puisi PROGO 5;nilai historis;nilai humanistis

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. (2010). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Damono, Sapardi Djoko. (1998). Sosiologi Sastra Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia.

Diningrum. (2019). Dimensi Humanistik Dalam Antologi Puisi Aku Bangga Jadi Rakyat Indonesia. Skripsi. Universitas Jember.

Faruk. (2012). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Faruk. (2019). Pengantar Sosiologi Sastra dari Strukturalisme Genetik sampai Post-Modernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gadamer, Hans-Georg. (2010). Kebenaran dan Metode (Pengantar Filsafat

Hermeneutika). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Navisah. (2019). Psikologi Humanisme dalam Novel Akar karya Dewi Lestari dan Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Sastra di SMA Kelas XII. Skripsi. Universitas Negeri Jember.

Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.

Yogyakarta: Diva Press.

Rohmah. (2018). Aspek Humanisme dan Struktur Novel Edensor Karya Andrea Hirata. Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Romansyah. (2016). Analisis Nilai Historis pada Novel Dialah Ahmad Karya Hamzah Puadi Ilyas dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA Kelas XI.

Savitri. (2019). Aspek Humanisme dan Struktur Novel Melati di Musim Kemarau Karya Maria dan Sarjono sebagai Materi Ajar Pengajaran Sastra di SMA. Skripsi. Universitas Tidar.

Setyawan, Agung Budi. (2018). Antologi Puisi PROGO 5. Temanggung: CV. Raditeens.

Siyoto, S., & Sodik, M.A. (20150. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Waluyo, Herman. J. (2002). Apresiasi Puisi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Utama.

Wellek, Renne dan Austin Warren. (1995). Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.24176/pibsi.v43i1.256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.