Penerapan PUEBI dalam Karya Ilmiah Guru Madrasah di Kabupaten Magelang

Winasti Rahma Diani, Liana Shinta Dewi

Abstract


Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi yang digunakan sebagai bahasa pengantar pendidikan. Melihat pentingnya kedudukan bahasa Indonesia di dunia pendidikan, para guru dan pengawas madrasah dituntut memiliki keterampilan bahasa Indonesia yang baik. Untuk meningkatkan keterampilan tersebut, pelatihan penerapan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dilaksanakan dalam tiga sesi, yaitu tes awal, presentasi dan diskusi, serta tes akhir. Tes awal ditujukan untuk mengukur tingkat pemahaman awal peserta. Materi soal mencakup (1) huruf kapital, (2) penggunaan tanda baca, (3) penulisan singkatan dan gelar, (4) penulisan istilah asing, (5) penulisan kata baku dan serapan. Dari hasil tes awal, diketahui tingkat pemahaman peserta terhadap PUEBI belum cukup baik, terutama dalam penulisan kata serapan dan gelar. Setelah melalui tes awal, peserta mendapat materi penerapan PUEBI melalui presentasi dan diskusi. Kemudian, keterampilan peserta dalam penerapan PUEBI kembali diuji pada tes akhir. Hasilnya, nilai tes akhir menunjukkan adanya peningkatan, yaitu dari rata-rata 53,7 menjadi 75,45.

Keywords


huruf kapital;penulisan kata;PUEBI;singkatan

Full Text:

PDF

References


Fidalgo, R., Olive, T., Board, E., Alves, R. A., Harris, K., & Rijlaarsdam, G.

(2018). Studies in Writing Series Editors. http://lccn.loc.gov/2017032915

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Pedoman umum ejaan bahasa Indonesia. Salinan RKKB PUEBI 1.

Suliman, F., Ben-Ahmeida, M., & Mahalla, S. (2019). Importance of Punctuation Marks for Writing and Reading Comprehension Skills.

https://misuratau.edu.ly/journal/arts




DOI: https://doi.org/10.24176/pibsi.v43i1.258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.