Analisis Penggunaan Model Inkuiri dalam Pembelajaran Menulis Puisi Berbantuan Youtube
Abstract
Menulis bagi tiap individu memiliki kesulitan dan hambatannya sendiri. Namun tiap kesulitan tentu memiliki langkah penyelesaian yang khusus tentang menulis puisi. Penelitian ini memiliki tujuan pertama, menganalisis pemanfaatan model Inkuiri dalam pembelajaran menulis puisi berbantuan youtube. Kedua, mengetahui faktor-faktor penunjang dan penghambat kreativitas menulis puisi pada mahasiswa PBSI FKIP UMK. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari mahasiswa angkatan 2021/2022 PBSI FKIP UMK. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini yakni model inkuiri dalam proses pembelajaran menulis puisi mampu untuk memacu penulis untuk menghasilkan ide dan gagasan yang unik melalui pemanfaatan aspek mimetik dalam media youtube. Puisi-puisi karya penulis yang muncul merupakan luapan emotif dari cerita yang disajikan di youtube dan mampu menggugah unsur kreativitas penulis dalam menuangkan karya melalui media puisinya. Diksi dan gaya bahasa cenderung menjadi ungkapan natural yang mengilhami suasana dalam cerita di youtube sehingga puisi memiliki daya magisnya.
Writing for Every individual has his own difficulties and obstacles. But each difficulty certainly has a specific solution step about writing poetry. This study has the first objective, to analyze the use of the inquiry model in learning to write poetry with the help of youtube. Second, knowing the factors that support and inhibit creativity in writing poetry in PBSI FKIP UMK students. The research method used in this study uses a qualitative descriptive method. Data obtained from students of the class of 2021/2022 PBSI FKIP UMK. Data collection techniques using interviews and document studies. The data analysis technique uses data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study are the inquiry model in the process of learning to write poetry is able to spur writers to produce unique ideas and ideas through the use of mimetic aspects in youtube media. The author's poems that appear are emotive overflows from the stories presented on YouTube and are able to inspire the creative element of the author in expressing his work through the medium of his poetry. Diction and language style tend to be natural expressions that inspire the atmosphere in stories on YouTube so that poetry has a magical power.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Fuad, Zaki., Helminsyah. (2008). Language Experience Approach Sebuah Pendekatan dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa. Aceh: STKIP Bina Bangsa Getsempena.
Andiasari, L. (2015). Penggunaan Model Inkuiri dengan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA di SMPN 10 Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Anggriani, L., Sutrimah., Hasanudin, C. (2020). Analisis Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Kolaborasi Metode SSCS dan Media Audio Visual. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal AKSARA. Gorontalo:
Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Indonesia.
A’yunin, Qurroti. (2016). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inkuiri) pada Pembelajaran Fisika Materi Listrik Dinamis di SMK. Jurnal
Pembelajaran Fisika. Jember: Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember.
Budiyono, Herman. (2012). Pembelajaran Keterampilan Menulis Berbasis Proses Menulis dan Teori Pemerolehan Bahasa. Jurnal Pena. Jambi: Universitas Jambi.
Dewi, Desyarini Puspita. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Sosial dalam Pembelajaran Inkuiri Sosial dalam Pembelajaran Menulis Puisi melalui Karyawisata pada Peserta Didik SMP Kelas VI. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Hastina, Ninan. (2018). Keterampilan Menulis Puisi Siswa SD melalui
Pendekatan Proses. Jurnal Bina Gogik. Aceh Barat: STKIP Bina Bangsa
Meulaboh.
Herlislianti, Ellis., Surjakusuma, Yoyo., Nurjamin, Asep. (2018). Lapis Norma dan Pengalaman Jiwa Puisi-Puisi Maman S. Mahayana dalam Antologi Jejak Seoul. Jurnal Linguasastra. Garut: Institut Pendidikan Indonesia.
Indrawati, S, W. (2018). Menulis sebagai Proses Berpikir Ke Arah Globalisasi. Prosiding Seminar Nasional 21. Palembang: Universitas PGRI Palembang.
Khadijah, Husnul., Intiana, S.R.H., Husniati. (2021). Analisis Kemampuan
Menulis Pantun Siswa Kelas V B SDN 1 Midang Lombok Barat Tahun
Pelajaran 2020/2021. Jurnal Aksara, Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal.
Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo Indonesia.
Ma’usarah, Siti. (2020). Penggunaan Media Youtube pada Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII MTs Negeri 13 Jakarta Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Mukhlis. (2017). Pembelajaran Model Inquiri Terbimbing pada Materi Besaran dan Satuan untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Lantanida. Aceh: Universitas Islam Negeri ArRaniry Banda Aceh.
Nuriadin, Dani. (2017). Struktur Puisi Lirik Lagu Ada Band Album 2 Dekade Terbaik dari. Jurnal Diksatrasia. Galuh: Universitas Galuh.
Silitonga, P., Harahap, M, B., Derlina. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Training dan Kreativitas Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika. Medan: Universitas Negeri Medan.
DOI: https://doi.org/10.24176/pibsi.v43i1.260
Refbacks
- There are currently no refbacks.