Internasionalisasi Bahasa Indonesia Melalui Study Abroad Program Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Bipa) Menggunakan Pendekatan Sastra Dan Seni (Studi Kasus Pada Mahasiswa Asean Studies Universitas Walailak Thailand Tahun 2020)

Ahmad Jami’ul Amil

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Studi kasus tersebut pada study abroad program dengan menekankan pada kualitas pengamatan secara langsung dan pemaparan data secara deskriptif. Study Abroad adalah program kerjasama antara dua institusii yaitu BIPA Prodi (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Trunojoy madura dan Prodi Asean Studies Universitas Walailak Thailand). Studi kasus dari program ini selama empat bulan mulai Desember 2019 sampai Maret 2020). Subjek dalam kegiatan ini adalah pemelajar BIPA tingkat A2 berjumlah 10 mahasiswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, (1). Apa saja dan bagaimana model implementasi pendekatan sastra dan seni dalam Study Abroad Program BIPA?, dan (2). Apakah model pendekatan sastra dan seni efektif untuk Study Abroad Program untuk pemelajar BIPA dari Thailand. Teknik pengmpulan data meliputi, administratif, dokumentasi, dan evaluasi. Teknik analissi data yang digunakan yaitu conten analisis meliputi hasil observasi, catatan lapangan, dan perbaikan. Hasil dari penelitian yaitu, (1). Model pendatan sastra yang digunakan adalah pendekatan pendampingan, membaca, diskusi, pemodelan, dramatic reading, dan pertunjukan teater. Kemudian pendektan seni yang digunakan adalah pendekatan budaya batik Madura (batik festival), desa seni, pariwisata, budaya, (2). Model pendekatan seni dan budaya ditemukan kefektifan nya melalui praktik dan unjuk kerja sehingga meningkatkan kemampuan berbahasa mereka pada ranah produktif melalaui dramatic reading, penampilan teater (keaktoran) dan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan KKN) di desa adat dan budaya.

 

This research is a case study with a descriptive qualitative approach. The case study is on the study abroad program by emphasizing the quality of direct observations and descriptive data exposure. Study Abroad is a collaborative program between da institutions, namely BIPA Study Program (Indonesian Language and Literature Education, Trunojoy University, Madura and Asean Studies Study Program, Walailak University, Thailand). Case study of this program for four months from December 2019 to March 2020). The subjects in this activity were 10 BIPA level A2 students. The formulation of the problem in this study are (1). What are the models for implementing literary and artistic approaches in the BIPA Study Abroad Program ?, and (2). Is an effective literary and artistic approach model for the Study Abroad Program for BIPA students from Thailand. Data collection techniques include administrative, documentation, and evaluation. The data analysis technique used is content analysis including the results of observations, field notes, and improvements. The results of the research are (1). The literary approach model used is the mentoring approach, reading, discussion, modeling, dramatic reading, and theater performances. Then the art approach used is the Madura batik cultural approach (batik festival), art village, tourism, culture, (2). The effectiveness of the arts and culture approach model is found through practice and performance so as to improve their language skills in the productive realm through dramatic reading, theater performance (acting) and carrying out KKN fieldwork practices in traditional and cultural village.


Keywords


internasionalisasi;BIPA;study abroad program;pendekatan sastra;seni

Full Text:

PDF

References


Amil, Ahmad Jami’ul. 2016. Prosiding. Membangun Pembelajaran Literasi Berorientasi Pementasan. Seminar Nasional Universitas PGRI Semarang. appbipa.or.id. diakses pada tanggal 2 Agustus 2020 bipa.kemdikbud.go,id. Diakses pada tanggal 3 September 2020

Dakir. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta : PT. Rineka Cipta. http://kbi.kemdikbud.go.id/kbi_back/file/f oto_media/media_detail_15423386 901.pdf. Diunduh pada tanggal 28 Oktober 2020.

Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitiaan Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Ibrahim, 2015. Metode Penelitian Kualitatif (Panduan Penelitian Beserta Contoh Proposal Kualitatif). Bandung: Alfabeta.

Nunan. 2017. Kumpulan Esai Simposium Internasional BIPA Kemdikbud RI. Diunduh pada tanggal 28 Otober 2010.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalan Pengajaran Bahasa dan Sastra.Yogyakarta: BPFE Kongres bahasa Indonesia ke-V Tahun 1988. Tentang bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional dan Internasional di smearang Semarang Jawa Tengah.

Kurikulum BIPA berbasis KKNI merujuk Perpres No.8 Tahun 2012. Diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Kursus Dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2016.

Muliastuti, Liliana. (2016). BIPA Pendukung Internasionalisasi Bahasa Indonesia. Makalah disajikan pada seminar Nasional Politik Bahasa di Universitas Tidar Magelang. Magelang: Untidar. PP Nomor 57 Tahun 2014 tentang Pengembangan, Pembinaan, Dan Pelindungan Bahasa Dan Sastra.

Siswantoro. (2014). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-Undang Bahasa No 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Waridi. 2007. Hasil Simposium Karawitanologi. Surakarta: ISI Press Institut Seni Indonesia Surakarta.

Wicaksono, Andri, (et.all) 2018. Tentang Sastra (Orkestrasi Teori dan Pembelajarannya). Yogyakarta: Garudhawacana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.