Pengembangan Bahan & Media Ajar Bipa Memanfaatkan Situs Flaticon.Com
Abstract
Bahan dan media ajar adalah bagian penting dari pembelajaran. Kesiapan bahan ajar & media ajar menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi keberhasilan pembelajaran di kelas khususnya kelas BIPA. Keterampilan mengembangkan, memodifikasi, memperbaharui bahan & media ajar adalah sebuah kewajiban untuk setiap pengajar BIPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan & media ajar BIPA dengan memanfaatkan situs Flaticon.com. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran dan teori mengenai pengembangan bahan & media pembelajaran BIPA. Gagasan ini juga diharapkan dapat memberikan bentuk baru terhadap bahan & media ajar BIPA tentang penerapan aktivitas-aktivitas dalam pembelajaran BIPA di Dunia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Metode penelitian dan pengembangan digunakan dalam penelitian ini karena berfokus pada produk yang dikembangkan serta uji efektivitas terhadap produk. Penelitian ini menggunakan educational research and development karena peneliti mengembangkan produk berupa lembar kerja, papan permainan, flash card, & salindia untuk siswa BIPA menggunakan pendekatan integratif. Pemelajar BIPA mengenal kosakata berbagai kelompok kata dan tema seperti salam, angka, warna yang mereka kenal, lihat, praktikkan ketika berbicara. Flaticon.com memberikan kemudahan untuk para pengajar BIPA untuk mengembangan kreativitas dan inovasi dalam membuat bahan & media ajar BIPA.
Teaching materials and media are an important part of learning. The readiness of teaching materials & media is one of the important factors affecting learning in BIPA classes. Skills to develop, update teaching materials & media are an obligation for every BIPA teacher. This study aims to develop BIPA teaching materials & media by utilizing the Flaticon.com website. The research results are expected to contribute thoughts and theories regarding the development & learning media of BIPA. This idea is expected to provide a new form of BIPA Seminar Kepakaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing – Universitas Muria Kudus 22 | Semar BIPA UMK 2020 teaching materials & media regarding the application of activities in BIPA learning in the World. The research method used is the method of research and development (research and development). The research and development method is used in this research because it focuses on the product being developed as well as the effective testing of the product. This study uses educational research and development because researchers develop products in the form of worksheets, game boards, flash cards, and slides for BIPA students using an integrative approach. BIPA learners are familiar with the vocabulary of various groups of words and themes such as greetings, numbers, the colors they recognize, see, practice when speaking. Flaticon.com provides benefits for BIPA teachers to develop creativity and innovation in making BIPA teaching materials & media.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwi, H., Lapoliwa, H., Dardjowidjojo, S., Moeliono, A.M. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (edisi ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.
Australian Government. 2010. The Current State of Chinese, Indonesian, Japanese and Korean Language Education in Australian SchoolsFour Languages, Four Stories. Carlton South; Education Services Australia
Azhar Arsyad. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Dekdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Fogarty, Robin. 1991. How to Integrated the Curricula. Palatine, Ilinois; IRI/Skylight Publishing, Inc.
Muliastuti, Liliana. 2017. Buku Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Acuan Teori dan Pendekatan Pengajaran Original. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Sudjana. 2010. Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.
Soedjito. 1992. Kosakata Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Yurensi, C.D. 2020. Pengembangan Modul Pengayaan Kosakata untuk BIPA Anak Usia Dini dengan Pendekatan Integratif di Benalla P-12 College, Victoria, Australia
(Tesis). Bandung: Program Studi Pendidikan Bahsa Indonesia Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.