Pemanfaatan Teks Deskripsi Karangan Siswa Berbasis Kearifan Lokal Kudus Untuk Bahan Bacaan Pemelajar Bipa

Rika Ayu Wulandari

Abstract


Pembelajaran BIPA saat ini berkembang pesat. Seiring dengan peningkatan tersebut harus diimbangi dengan teks bacaan yang memadai. Teks bacaan yang cocok digunakan sebagai pendamping pengajaran BIPA harus memiliki muatan nuansa lokal Indonesia, sehingga pemelajar BIPA tidak hanya mampu membaca dalam bahasa Indonesia melainkan juga mampu memahami budaya lokal yang ada di Indonesia. Pemanfaatan teks deskripsi berbasis kearifan lokal dapat dijadikan sebagai alternatif pemilihan jenis teks bacaan untuk pemelajar BIPA. Hal ini dikarenakan teks deskripsi merupakan sebuah jenis teks yang memuat tentang ciri-ciri suatu objek yang digambarkan secara rinci. Tujuan dari penelitian ini adalah memanfaatkan karangan teks deskripsi berbasis kearifan lokal kota Kudus yang ditulis oleh siswa SMP sebagai teks bacaan pemelajar BIPA. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah library research yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian terdahulu. Hasil dari penelitian ini menjelaskan mengenai kebermanfaatan teks deskripsi sebagai teks bacaan dalam pembelajaran BIPA. Melalui cara ini, pemelajar diharapkan mampu menemukan kosakata maupun istilah baru yang bisa dipakai sebagai bahan kajian dalam mempelajari bahasa Indonesia.

 

The study of Indonesian for Foreign Learners (BIPA) has grown rapidly nowadays. Along with the fact, the needs of an adequate reading material becomes a prior requirement. The reading text that suitable to accompany the teaching process must have Indonesia local nuances in order to enhance the ability of Indonesian Foreign learners (BIPA) in both reading and comprehending Indonesian Culture. Students’ Local Wisdom based Descriptive Text Usage can be an alternative solution to this as descritive text provides detail information of certain object. The Aim of this research is to use Junior High School Students’ Local Wisdom based Descriptive Text as learning media for Indonesian Foreign Learners. This research uses library research method that utilizes literature in the form of books, notes and reports of previous research. Result of the research shows the expediency of Descriptive Text as reading media in the learning process of Indonesian Foreign Learners. Through this, learners are expected to be able to define vocabularies and technical terms to be used as materials in learning Indonesian.


Keywords


bipa;kearifan lokal;teks deskripsi

Full Text:

PDF

References


Alfian, Magdalia. 2013. Potensi Kearifan Lokal dalam Pembentukan Jati Diri dan Karakter Bangsa. Jurnal International Conference on Indonesian Studies, 425- 435.

Hermaditoyo, Stanislaus. 2018. Teks Deskripstif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio. 10 (2): 137-273.

Iskandarwassid & Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda.

Muliastuti, Liliana. 2017. Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing: Acuan Teori dan Pendekatan Pengajaran. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Prawisti, Dian Nur. 2012. Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan pada Karangan Siswa Kelas VII SMP N 2 Depok (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suyitno, Imam. 2007. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar. Jurnal Wacana. 9 (1): 62- 78.

Widyastuti, Hesti. 2017. Pemanfaatan Tradisi Lisan untuk Pengajaran BIPA. Prosiding PIBSI XXXIX, 1151-1165.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.