Pengembangan Buku Digital Bertema Kebudayaan Indonesia Berbantuan Qr Code Sebagai Media Pembelajaran Lintas Budaya Bipa Tingkat Menengah

Aswan Aswan, Astri Imeldawati, Lilis Siti Sulistyaningsih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya peminat bahasa Indonesia bagi penutur asing. Melihat antusias pemelajar BIPA yang setiap tahun bertambah, hal ini berdampak pada kesediaan media ajar BIPA yang cederung masih sedikit. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah buku digital bertemakan kebudayaan Indonesia. Buku yang dikembangkan berlandaskan pada Permendikbud Nomor 27 Tahun 2017. Peneliti menggunaan media QR Code sebagai alat bantu dalam menghubungkan bahan ajar budaya Indonesia dengan pemelajar BIPA melalui buku digital. Keterampilan yang menjadi fokus pengembangan buku ini adalah keterampilan menyimak pada BIPA tingkat menengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan R&D dengan model ADDIE. Model pengembangan ini memiliki lima tahapan yang harus diikuti yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berdasarkan dari tahapan ini, didapatkan hasil penelitian berupa produk yaitu buku digital bertema kebudayaan indonesia berbantuan QR Code untuk pembelajar lintas budaya BIPA menengah. Buku yang dikembangkan berisi kebudayaan Indonesia mulai dari tari tradisional, baju adat, makanan khas, dan sebagainya. Selain itu, peneliti memasukkan pantun sebagai pengantar materi dalam menambah unsur estetik. Konten ini dipilih tidak hanya untuk pembelajaran bahasa semata, melainkan sebagai pembelajaran lintas budaya sekaligus memperkenalkan keberagaman budaya Indonesia. Berdasarkan hasil dari pengembangan buku ini, dapat dikatakan bahwa pengembangan buku digital bertema kebudayaan Indonesia berbantuan QR Code sebagai media pembelajaran lintas budaya BIPA tingkat menengah dapat digunakan dalam pembelajaran BIPA.

 

This research is motivated by the increasing interest in Indonesian for foreign speakers. Seeing the enthusiasm of BIPA students who increase every year, this has an impact on the willingness of BIPA teaching media which tends to be still small. Based on this, this research aims to develop a digital book with the theme of Indonesian culture. The book developed is based on Permendikbud Number 27 of 2017. Researchers use QR Code media as a tool in connecting Indonesian cultural teaching materials with BIPA students through digital books. The skill that is the focus of the development of this book is listening skills at intermediate level BIPA. The method used in this research is the R&D development method with the ADDIE model. This development model has five stages that must be followed, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Based on this stage, the research results were obtained in the form of a product, namely a digital book with the theme of Indonesian culture assisted by the QR Code for intermediate BIPA cross-cultural learners. The book developed contains Indonesian culture starting from traditional dances, traditional clothes, special foods, and so on. Besides, the researcher included rhymes as an introduction to the material in adding aesthetic elements. This content was chosen not only for language learning but as cross-cultural learning as well as introducing the diversity of Indonesian cultures. Based on the results of the development of this book, it can be said that the development of digital books on the theme of Indonesian culture with the help of the QR Code as a medium-level cross-cultural learning medium for BIPA can be used in BIPA learning.


Keywords


buku digital;media QR Code;lintas budaya;pemelajar BIPA

Full Text:

PDF

References


Ataji, H. M. K., Sutanto, A., & Lepiyanto, A. 2019. Pengembangan Modul Berbasis Qr Code Technology pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Dengan Terintegrasi Kepada Al-Quran Dan Hadits Sebagai Sumber Belajar Biologi Kelas XI SMAN 1 Punggur. Bioedusiana, 4(1): 17—25.

Dick, W. & Carey, L. 1996. The Systematic Dessign of Instuction. New York: Harper Collins Publishers.

Ellsa, S. & Rahmawati, L. E. 2020. Pengembangan Media Kartu Kata Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(3): 199—206.

Kemendikbud. 2012. Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. (http://badanbahasa.kemendikbud.go.id/lamanbahasa/bipa diakses 27 September 2018).

Kusmiatun, A., Suyitno, I., HS, W., & Basuki, I. H. 2017. Identifying Features of Indonesian for Speakers of Other Languages (BIPA) Learning for Academic Purposes. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 3(4): 197—207.

Kustandi, C. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia. Manu, G. A. & Enstein, J. 2019. Scan QR Code untuk Mengenal Benda-Benda Bersejarah di Museum. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 2 (1): 15—19.

Murtisari, R. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Tematik dengan Aplikasi QR Code And Scanner pada Siswa Kelas V Mi Al- Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga Tahun Ajaran 2019/2020. (Skripsi). Salatiga: Institut Agama Islam Negeri.

Nafisah, D. & Ghofur, A. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Scan Barcode Berbasis Android dalam Pembelajaran IPS. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2): 144—152.

Riyanti, A., Zuchdi, D., & Nurhadi. 2019. Gamelan as A Learning Media Speaking Skills to Indonesian Language Students for Foreign Speakers (BIPA). Journal of Physics: Conference Series, 1—5.

Suprihatin, A. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Membaca Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Tingkat Intermediate. Jurnal Nosi, 3(3): 297—306.

Susilana, R & Cepi, R. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Suyitno, I., dkk. 2018. Perilaku Belajar dan Pembelajaran BIPA Acuan Dasar Pengembangan Literasi Komunikatif BIPA. Bandung: PT Refika Aditama.

Violensia, I. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Dadu Bergambar untuk Keterampilan Berbicara Mahasiswa BIPA Tingkat Menengah. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 4(1): 87—93.

Widiatmika, M., Darmawiguna, I. G. M., & Putrama, I. M. 2019. Pengembangan Film Seri Animasi 3d “Cerita Made” sebagai Media Pembelajaran BIPA di Universitas Pendidikan Ganesha. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 8(1): 22—32.

Wijaya, A. & Gunawan, A. 2010. Penggunaan QR Code Sarana Penyampaian Promosi dan Informasi Kebun Binatang Berbasis Android. Jurnal Bianglala Informatika, 4(1): 16—21.

Yunus, M. M., Yen, E. L. Y., Khair, A. H. M. & Yusof, N. M. 2020. Acquisition of Vocabulary in Primary Schools Via Gopic with Qr Code. AESS Publications, 9(3): 121—131.

Yuriananta, R., Suyitno, I., & Hs, W. 2019. Significance of RPG Game in Learning of Reading Comprehension for Beginner BIPA Learners. ISLLAC: Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and Culture, 3(1): 96—103.

Zakaria, N. Y. K., Zaini, H., Siraj, S., Yunus, M. M. & Hashim, H. 2019. Learning of Medicinal Herbs Using Qr Codes. Journal of Physics: Conference Series, 1—5.

Seels, B. B. & Richey, R. C. 1994. Instructional Technology: The Definition And Domains of The Field. Washington: AECT.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.