Penggunaan Aplikasi Permainan Kosakata Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Pengajaran Bipa Jarak Jauh Level Pemula
Abstract
Penelitian ini menginvestigasi efektivitas penggunaan aplikasi permainan kosakata online untuk meningkatkan kemampuan menulis pada pengajaran BIPA jarak jauh pada pemelajar level pemula. Penelitian ini dilaksanakan bermula ketika satu murid BIPA mengalami kesulitan dalam menguasai kosa-kata dan memakainya sesuai dengan konteks yang tepat. Beberapa aplikasi yang digunakan adalah Quizlet, Quizizz, dan Wordwall. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Untuk mengetahui keefektifan aplikasi tersebut, awalnya murid mendapatkan latihan kosakata tertulis dengan hasil yang dicatat untuk mengetahui jumlah kesalahan (pre-test), lalu murid mendapatkan latihan interaktif dari aplikasi permainan kosakata daring tersebut. Selanjutnya untuk tahap terakhir, murid mendapatkan latihan kosakata tertulis sebagai post-test. Latihan pre-test dan post-test dilakukan beberapa kali di mana hasil penilaian tersebut terekam. Metode interview juga dilakukan pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunaan aplikasi permainan kosakata daring murid lebih menguasai kosakata dan murid lebih mudah untuk mengusai kosakata dan memakainya sesuai dengan konteks yang benar. Hasil penilaian pre-test dan post-test juga menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan.
This study investigates the effectiveness the use of online vocabulary game applications to improve writing skills in distance learning for BIPA learners in beginner level. This research was conducted when one BIPA student had difficulty in mastering vocabulary and using it in the right context. Some of the applications used are Quizlet, Quizizz, and Wordwall. This research method used a qualitative approach and descriptive methods. To find out the effectiveness of this application, students initially got written vocabulary exercises with the results recorded to find out the number of errors (pre-test), then students got interactive exercises from the online vocabulary game application. Furthermore, for the last stage, students got written vocabulary exercises as a post-test. A pre-test and post-test exercises were carried out several times in which the results of the assessment were recorded. The interview method was also carried out in this study. The results showed that by using the online vocabulary game application the students had better mastery of vocabulary and the students found it easier to master the vocabulary and use it according to the correct context. The results of the pre-test and post-test assessments also showed a significant increase.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 05(02), 11–16.
Puspitasari, P., Sari, P., Putri, J., & Wuryani, W. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 227–232. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i2p%25p.243
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.