Serial Search Model : Sebuah Pendekatan Berbasis Auditory Coding Terhadap Perbendaharaan Kata Pada Pembelajar Bipa

Indah Rohmayani

Abstract


Pembelajaran BIPA pada prinsipnya merupakan orientasi dari konsep pembelajaran bahasa. Dengan kata lain. Pembelajaran bahasa (BIPA) mendalilkan adanya kerangka filosofis berupa pendekatan serta strategi pembelajaran yang memungkinkan pembelajar mampu mengimplementasikan kemampuan linguistiknya. Penelitian ini merupakan implementasi dari model pembelajaran secara perseptual dengan mengimplikasikan pengaruh memori jangka pendek (Short-Term Memory) Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta mendeskripsikan adanya retrieval kata bagi pembelajar BIPA melalui serial search model dengan memanfaatkan auditory coding. Penelitian ini dilakukan pada pembelajar BIPA (private beginner). Dari penelitian yang dilakukan, terindikasi adanya penguatan retrieval kata dari adanya proses penghafalan kosa kata secara auditory coding pada pembelajar BIPA. Hal itu disebabkan adanya pengaruh auditory coding yang dapat menderivasikan persepsi mental yang relevan dari leksikon yang diperoleh melalui sinyal akustik yang diterima pembelajar BIPA.

 

BIPA learning is in principle an orientation of the concept of Language Learning. In other words, Language Learning (BIPA) argues that there is a philosophical framework in the form of learning approaches and strategies that allow learners to implement their linguistic abilities. This study is an implementation of a perceptual learning model that implies the effect of short-term memory. This study aims to identify and describe the word retrieval for BIPA learners through a serial search model using auditory coding. This research was conducted on BIPA learners (private beginners). From the research conducted, it is indicated that there is a strengthening of word retrieval from the auditory coding of vocabulary memorization process in BIPA students. This is due to the effect of auditory coding which can derive the relevant mental perceptions from the lexicon obtained through the acoustic signals received by BIPA learners.


Keywords


serial search model;auditory coding;pembelajaran BIPA

Full Text:

PDF

References


Dardjowidjojo, Soenjono. 2014. Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Lowenstein, J, et al. 2019. Children’s Suffix Effects for Verbal Working Memory Reflect Phonological Coding and Perceptual Grouping. Psychology, 183:276-294.

Matlin, Margaret. 1994. Cognition. New York: State University of New York.

Shiffrin, R, et al. 2002. Human Information Processing. Washington, DC: American Psychological Association.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.