Pengajaran Bipa Sebagai Mata Kuliah Pilihan Pada Program Studi Bahasa Asing: Studi Kasus Pada Program Studi Bahasa Inggris Universitas Dian Nuswantoro

Nina Setyaningsih, Bayu Aryanto, Raden Arief Nugroho

Abstract


Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) memiliki banyak peminat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini terlihat dari banyaknya pelatihan pengajar BIPA, program pengiriman guru BIPA, maupun kursus-kursus keBIPA-an. Bahkan sejak pandemi COVID-19, banyak institusi menyelenggarakan berbagai webinar dengan topik BIPA. BIPA sendiri juga merupakan mata kuliah dalam program studi bahasa Indonesia maupun bahasa asing di perguruan tinggi. Program Studi Bahasa Inggris S1, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Dian Nuswantoro merupakan salah satu program studi bahasa asing yang memiliki mata kuliah BIPA dalam kurikulumnya. Mata kuliah BIPA merupakan mata kuliah pilihan yang dapat diambil pada semester 7. Selama 3 tahun berjalan, mata kuliah BIPA memiliki cukup banyak peminat. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran mata kuliah pengajaran BIPA di Program Studi Bahasa Inggris Universitas Dian Nuswantoro. Tulisan ini membahas kondisi terkini pembelajaran mata kuliah pengajaran BIPA, tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran mata kuliah pengajaran BIPA, dan prospek mata kuliah pengajaran BIPA di program studi bahasa asing. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui kuesioner dan pengamatan. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun memiliki cukup banyak peminat, sebagian mahasiswa belum memiliki latar belakang pengetahuan tentang BIPA dan mengalami kendala dalam tata bahasa Indonesia. Selain itu, program studi kebahasaan memiliki peluang yang sama dengan program studi bahasa Indonesia yang telah memiliki mata kuliah pengajran BIPA.

 

There has been an increase in the number of people interested in BIPA in the past few years. It can be seen from the number of BIPA teacher tranings, BIPA teacher delegations overseas, and BIPA training courses. Even since the COVID-19 pandemic, many institution have organized BIPA webinars. BIPA is also a course in Indonesian and foreign language departments in Indonesian universities. The English Department of Faculty of Humanities, Universitas Dian Nuswantoro is one of the foreign language departments that has BIPA Teaching course in its curriculum. BIPA Teaching is an elective course that is offerred in the 7th semester. Since it was first held 3 years ago, this course has have significant numbers of students. This paper is aimed at describing the teaching and learning process of BIPA Teaching course in the English Department of Universitas Dian Nuswantoro. It discusses the current condition of BIPA Teaching course, the challenges faced in the course, and the prospect of BIPA Teaching course in foreign language departments. The paper used qualitative deskriptive method. The data were obtained through questionnaire and observation. The result demonstrates that despite having quite a high number of students, most of these students do not have a background knowledge about BIPA. They also face obstacles in Indonesian grammar. Furthermore, this paper suggests that BIPA Teaching course also has an opportunity to be held in any language departments.


Keywords


bahasa asing;BIPA;pengajaran

Full Text:

PDF

References


https://kumparan.com/quipper-indonesia/5-negara-yang-pelajari-bahasa-indonesia- 1tRKs6TlSBA/full (diakses 1 November 2020)

Komariah, Aan dan Djam’an Satori. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Kusmiatun, Ari. 2016. Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya.Yogyakarta: Penerbit K-Media

Muliastuti, Liliana. 2019. Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Acuan Teori dan Pendekatan Pengajaran. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Nuswantara, K. 2016. Pembelajaran BIPA bagi Pembelajar Dewasa. Prosiding Seminar Kepakaran BIPA (SEMARBIPA) 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.