Pemanfaatan Infografik Sebagai Materi Autentik Dalam Pembelajaran Bipa Di Era Normal Baru

Rosendi Galih Susani

Abstract


Di tengah pandemi covid-19 dan kehidupan era normal baru, pengajaran BIPA membutuhkan adaptasi persiapan mengajar. Hal tersebut karena pengajaran BIPA yang semula dilakukan secara tatap muka, kini harus dilaksanakan secara daring. Adaptasi baru dapat dijumpai ketika menghadapi tantangan dalam memilih materi ajar yang dapat mewakili tujuan pembelajaran. Pemilihan materi ajar yang autentik dapat digunakan untuk menyampaikan tujuan pembelajaran dengan memanfaatkan situasi sekitar. Salah satu media yang dapat digunakan adalah infografik. Infografik dapat menjadi perantara pesan yang efektif untuk menyajikan topik kompleks secara sederhana. Oleh karena itu, artikel ini memaparkan pemanfaatan infografik sebagai materi autentik dalam pembelajaran BIPA. Infografik dapat digunakan sebagai materi ajar karena mampu menyampaikan tujuan pembelajaran dengan memanfaatkan situasi sekitar. Pemelajar dapat belajar kosakata baru dan memahami penggunaannya dalam kalimat yang terdapat dalam infografik. Infografik juga membantu pemelajar dalam memahami inti pembahasan dari topik yang dipelajari karena infografik menyajikan informasi yang mudah dipahami dan diingat. Setelah pemelajar memahami informasi yang terdapat dalam infografik, pemelajar diharapkan mampu menanggapi informasi yang telah diperoleh secara kritis. Pemilihan infografik juga perlu memperhatikan tujuan pembelajaran, topik pembelajaran, dan tingkat pemelajar. Infografik juga menjadi sarana untuk memaparkan teks sesuai dengan situasi sosial yang nyata. Paparan dalam artikel ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk memanfaatkan infografik sebagai materi ajar yang autentik dalam pembelajaran BIPA.

 

In the midst of covid-19 pandemic and the life in new normal era, teachers of Indonesian Language for Foreign Speaker needs to be adaptable in preparing their teaching. It is because those teachers, who used to teach face-to-face, now have to teach using online platform. The new adaptation can be encountered when they face challenges in choosing authentic teaching material that can represent the learning objectives. The process of choosing authentic materials can be used to deliver the learning objectives with the aid of surroundings conditions. One of those media is an infographic. Infographic can become an effective media to present a complex topic in a simple way. Because of that, this article explains the use of infographic as an authentic material in learning process of Indonesian Language for Foreign Speaker. Infographic can be used as a teaching material because it can convey the learning objectives by utilizing the conditions around the learners. Learners can learn new vocabularies and understand the function in the sentences used in the infographic. Infographic also helps learners in understanding the main points of the discussion of the topic that they learned because infographic provides information which is easy to be understood and remembered. After the learners understand the information in the infographic, learners are required to respond to the information that they have acquired using their critical thought. The choosing of infographic also has to pay attention to the learning objectives, the learning topic, the competence level of learners. The explanation in this article is hoped to become a reference to the use of infographic as authentic learning material in the learning process of Indonesian Language for Foreign Speaker.


Keywords


era normal baru;infografik;materi ajar BIPA

Full Text:

PDF

References


Azri, R. H. A. & Majid Hilal Al-Rashdi. 2014. The Effect of Using Authentic Materials in Teaching. International Journal of Scientific & Technology Research, 3(10): 249-254. Diakses dari http://www.ijstr.org/final-print/oct2014/The-Effect-Of-UsingAuthentic-Materials-In-Teaching.pdf.

Kusworatri, K. 2012. Adaptasi Teks Otentik dalam Pengajaran Membaca Tingkat Madya di BIPA Universitas Indonesia. KIPBIPA VIII-ASILE.

Mansur, H. & Rafiudin. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1): 37- 48. Diakses dari http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/443

Maroko, G.M. 2010. The Autenthic Materials Approach in The Teaching of Functional Writing in The Classroom. In: Reinelt, R. (ed.) (2010) The new decade and (2nd) FL Teaching: The initial phase Rudolf Reinelt Research Laboratory EU Matsuyama, Japan. 71-87. Diakses dari http://web.iec.ehimeu.ac.jp/reinelt/raineruto2/5%20Geoffrey%20M%20Maroko.pdf

Sari, E.P., dkk. 2018. Pengembangan Media Berbentuk Infografis sebagai Penunjang Pembelajaran Fisika SMA Kelas X. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 01(1):71-78. Diakses dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/2477

Sriyati, T. 2019. Pemanfaatan Infografik oleh Perpustakaan di Indonesia. Media Pustakawan, 26(1): 19-26. Diakses dari https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/view/173

Susetyo, H..R., dkk. 2015. Efektivitas Infografis sebagai Pendukung Mata Pelajaran IPS pada Siswa Siswi Kelas SDN Kepatihan di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(1). Diakses dari https://jurnal.dinamika.ac.id/index.php/ArtNouveau/article/view/762/0

Utari, Sinta, dkk. 2019. Bahan Diplomasi Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Sahabatku Indonesia: Berbahasa Indonesia di Jakarta BIPA. Jakarta: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan.

Widharyanto, B. 2016. Autentisitas di dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia” dalam Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia “Mengenang Kiprah J.S. Badudu dalam Pengembangan Bahasa Indonesia”. Bandung: Fakulas Ilmu Budaya Universitas Padjajaran.

Wulandari, V. , dkk. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Infografis sebagai Penguatan Kognitif Siswa X MIA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 2(1). Diakses dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.