Aspek Budaya Dalam Pembelajaran Bipa Pada Mahasiswa Bahasa Indonesia Di Fatoni University Thailand

Muhammad Noor Ahsin

Abstract


Pembelajaran bahasa Indonesia tidak hanya diajarkan kepada mahasiswa Indonesia saja. Akan tetapi, pembelajaran bahasa Indonesia juga diajarkan kepada mahasiswa di luar negeri, termasuk di kampus Fatoni University Thailand. Pembelajaran aspek budaya memiliki peran penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing di luar negeri. Hal ini karena pembelajaran BIPA pada hakikatnya adalah pembelajaran budaya Indonesia kepada penutur asing yang belajar bahasa Indonesia. Pemahaman pemelajar BIPA terhadap latar belakang budaya Indonesia sangat penting. Hal ini dimaksudkan untuk mengenalkan budaya Indonesia dan menghindari terjadinya konflik budaya yang dapat menghambat kelancaran proses pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan Penelitian ini adalah pertama untuk mendeskripsikan kemampuan berbahasa mahasiswa bahasa Indonesia di Fatoni University Thailand melalui pendekatan budaya. Kedua, untuk mengenalkan budaya Indonesia bagi pemelajar BIPA melalui pakaian tradisional Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan dengan pendekatan silang budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa mahasiswa bahasa Indonesia di Fatoni University Thailand melalui pendekatan budaya cukup baik. Mahasiswa Bahasa Indonesia di Fatoni University Thailand semakin kenal dengan budaya Indonesia, khususnya pemahaman pakaian adat khas Kudus dari Jawa Tengah.

 

Learning Indonesian is not only taught to Indonesian students. However, learning Indonesian is also taught to students abroad, including on the Fatoni University campus in Thailand. Learning cultural aspects has an important role in learning Indonesian for foreign speakers abroad. This is because BIPA learning is essentially the learning of Indonesian culture to foreign speakers who learn Indonesian. BIPA students' understanding of Indonesia's cultural background is very important. This is intended to introduce Indonesian culture and avoid cultural conflicts that can hinder the smooth learning process of Indonesian. The purpose of this study is first to describe the language skills of Indonesian language students at Fatoni University Thailand through a cultural approach. Second, to introduce Indonesian culture to BIPA students through traditional Indonesian clothing. The method used in this research is literature study with a cross-cultural approach. The results showed that the language skills of Indonesian language students at Fatoni University Thailand through a cultural approach were quite good. Indonesian Language students at Fatoni University Thailand are increasingly familiar with Indonesian culture, especially their understanding of the traditional costumes of Kudus from Central Java.


Keywords


bahasa;budaya;penutur asing

Full Text:

PDF

References


Istanti, Wati. 2020. (Menjadi) Pengajar BIPA Milenial, Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing. Semarang: Wicaksana Pustaka.

Koentjaraningrat.2009. Pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumarto, S. 2019. Budaya, Pemahaman dan Penerapannya. Jurnal Literasiologi, 1(2), 16-16.

Suyitno, I. 2017. Aspek Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). FKIP eProceeding, 55-70.

Fathoni, K., Nur Hasim, J. A., & Fathony, M. Z. 2015. Pengenalan Pakaian Adat Indonesia Menggunakan Teknologi Kinect. SCANJurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 10(2), 7-14.

Miskiyah, Mur Ifatul. 2015. Folklor dalam Pakaian Adat Kudus. Semarang: Jurusan Sosiologi Antropologi FIS UNNES.

Mussaif, M. M. 2017. Keanekaragaman Budaya Menjadi Basis Pembelajaran BIPA. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 12(4), 164-172.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.