Penggunaan Lagu Karya Band Wali Sebagai Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing

Fransaskia Cindy Dewanti, Muhammad Noor Ahsin, Irfai Fathurohman

Abstract


Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) merupakan pembelajaran yang memiliki dasar dari kemampuan berbahasa Indonesia pada pemelajar asing. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, ada beberapa hal kesulitan yang dialami penutur asing, salah satunya adalah dalam memahami kosakata. Untuk memperkenalkan bahasa Indonesia, tentunya dibutuhkan media yang tepat untuk memperkenalkan bahasa Indonesia, salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan lagu. Lagu banyak disukai dari berbagai kalangan, mulai dari kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa. Hal ini dikarenakan lagu merupakan susunan kata-kata yang diiringi dengan musik, sehingga dapat membuat pendengarnya lebih cepat memahami kata-kata yang tersirat dalam lirik lagu. Salah satu lagu yang dapat digunakan dalam pembelajaran BIPA adalah lagu karya band Wali. Karena di dalam lirik-lirik lagu karya band Wali mudah dipahami, memiliki lirik yang tidak terlalu sulit, serta memiliki nilai estetika dan nilai moral di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memudahkan pemelajar BIPA dalam mempelajari dan memahami kosakata bahasa Indonesia dengan cara yang menarik dan tidak membosankan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode studi pustaka (library research). Penggunaan media lirik lagu sebagai media pembelajaran, dapat membuat penutur asing lebih mudah dalam mempelajari kosakata bahasa Indonesia. Selain itu, lirik lagu dapat membuat pemelajar BIPA lebih cepat menyerap informasi, serta menarik minat pemelajar BIPA dalam memahami kosakata bahasa Indonesia.

 

Indonesian Language Learning for Foreign Speakers (BIPA) is learning that has the basis of Indonesian language skills for foreign learners. In learning Indonesian, there are several difficulties experienced by foreign speakers, one of which is understanding vocabulary. To introduce Indonesian, of course the right media is needed to introduce Indonesian, one alternative that can be used is to use a song. Songs are widely liked from various groups, ranging from children, adolescents, to adults. This is because the song is an arrangement of words accompanied by music, so that it can make listeners understand the words implied in the song lyrics more quickly. One of the songs that can be used in BIPA learning is a song by the Wali band. Because the Wali band's song lyrics are easy to understand, have lyrics that are not too difficult, and have aesthetic and moral values in them. The purpose of this study is to make it easier for BIPA students to learn and understand Indonesian vocabulary in an interesting and not boring way. The method used in this research is to use the library research method. The use of song lyric media as a learning medium can make it easier for foreign speakers to learn Indonesian vocabulary. In addition, song lyrics can make BIPA students absorb information more quickly, and attract BIPA students in understanding Indonesian vocabulary.


Keywords


BIPA;lirik lagu;media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Dewi, R. 2007. Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Kepedulian Siswa SMA pada Lingkungan Hidup (Tesis). Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia.

Ellis, Rod. 1986. Understanding Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University Press.

Fitriyah, N. (2019). Peningkatan pemahaman kosa kata materi alat al Muwasalat mata pelajaran Bahasa Arab menggunakan metode bernyanyi pada siswa Kelas II E MI Al Fithrah Kedinding Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Hotimah, E. (2017). Penggunaan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran kosakata bahasa Inggris kelas II MI Ar-Rochman Samarang.

Maretta, A. D., Wardani, N. E., & Anindyarini, A. (2019). Analisis Stilistika dan Nilai Pendidikan Karakter dalam lirik-lirik Lagu Fourtwenty Album Lelaku serta Relevansinya sebagai Bahan Ajar Tingkat SMA. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 31-39.

Nursyifa, M. R. (2019). Pesan dakwah Band Wali dalam lirik lagu Abatasa di media sosial Youtube akun Nagaswara Official Video: analisis wacana (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Purwanti, D. (2011). Penggunaan Lagu-Lagu Mandarin Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Mandarin Kelas Tiga di SD Tripusaka Surakarta.

Permana, R. (2013). Strategi Komunikasi Dakwah Band Wali dalam Lagu Cari Berkah. Jurnal Komunikasi Islam, 3(1).

Nation, P. (2003). The role of the first language in foreign language learning. Asian EFL journal, 5(2), 1-8.

Puspita, O. W. Penggunaan Lirik Lagu Sebagai Bahan Pembelajaran Mahasiswa BlPA dalam Upaya Mengenalkan Karakteristik lndonesia. Journal of English Teaching and Learning lssues (), 41.

Ristiyani, R., & Widianto, E. (2019). Pengajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal di Universitas Muria Kudus. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 334-337).

Ritchie, W. C. (Ed.). (1978). Second language acquisition research: issues and implications (p. 33). Academic Press.

Riyanti, A. Pemanfaatan Audiovisual Bermuatan Budaya sebagai Media Pembelajaran BIPA.

Rohmadi, M. (2019). Text Book As a Java Culture Recognıtıon Medıa in Indonesıan Learnıng For Foreıgn Speaker (BIPA) in Sebelas Maret University. International Journal of Educational Research Review, 4(3), 427-434.

Sari, R., & Cahyani, D. D. (2020). Development of BIPA Textbook as a Facility to Improve Active Communication for Novice Learners. Prosiding ICoISSE, 1(1), 316-321.

Wahid, A. N., & Saddhono, K. (2017). Ajaran moral dalam lirik lagu dolanan anak. MUDRA Jurnal Seni Budaya, 32(2).

Yahya, M., & Saddhono, K. (2018). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Kesalahan Diksi dalam Kalimat Bahasa Indonesia Mahasiswa BIPA Level Akademik. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 51-68.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.