Penggunaan Bahasa Iklan Barang Dan Jasa Sebagai Bahan Ajar Jual Beli Dalam Mata Kuliah Bipa Di Universitas Muria Kudus

Zakiyah Al Mabruroh, Moh. Kanzunuddin, Luthfa Nugraheni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan bahasa iklan barang dan jasa sebagai bahan ajar jual beli untuk penulir asing (BIPA). Dalam penelitian ini membahas tentang penggunaan bahasa iklan barang dan jasa pada mahasiswa penutur asing. Bahasa merupakan alat untuk berkomunikais baik lisan maupun tulis, oleh karena itu bahasa sangat penting untuk berkomunikasi terutama dalam berkomunikasi dengan media massa yaitu iklan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi yaitu peneliti meneliti suatu objek yang dipaparkan secara lengkap dan jelas tentang segala hal tentang objek yang diteliti. Dalam mengumpulkan data, penulis mengumpulkan data kemudian menganalisisnya. Penelitian ini memfokuskan pada hasil kerja mahasiswa penutur asing dalam menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam membuat iklan barang dan jasa sebagai bahan ajar jual beli.

 

This study aims to determine the use of goods and services advertising languange as a teaching material for buying and selling for fereign speakers (BIPA). In this study discusses the use of goods and services asvertising language is a tool for communicating both spoken and writen. Therefore, language is very important to communicate, especially in the advertisement of goods and services as a buying and selling teaching material for foreignspeaking students. This research uses descriptive qualitative research with content analysis techniques, namelu the researcher examines an object yje is described completely and clearly about everything about the object under study.to collect data, the authors collect data and the analyze it. This study focuses on the work of foreign speaker students in making advertisments for goods and services as teaching materials for buying and selling.


Keywords


iklan;barang dan jasa;jual beli

Full Text:

PDF

References


Saddhono, dkk. 2018. Hubungan Penguasaan Kosa Kata Dengan Kesalahan Diksi Dalam Kalimat Bahasa Indonesia Mahasiswa BIPA Level Akademik. Kredo. Vol. 1 No.2 hal. 2.

Widyawati, Atik. 2017. Bahasa Iklan Penawaran Barang dan Jasa dan Implementasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Stilistika. Vol. 3, No. 2, hal 1-8.

Zulfahmi. 2016. Pembelajran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Dan Model Pembelajaran Tutorial. Tarbiyah Al-Awlad. Vol 6, No.2, hal. 600-609.

Budiawan. 2018. Kesalahan Bahasa Dalam Praktik berbicara Pemelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Di Universias PGRI Semarang. Kredo. Vol. 2, No. 1, hal 89-97

Chaer, Abdul. 2012. Lingusitik Umum. Jakarta:Rineka Cipta.

Sumarsono, 2009. Sosiolinguistik. Yogyakatya:Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.