Tindak Tutur Direktif Oleh Pemelajar Bipa Dalam Acara Kelas Internasional: Kajian Pragmatik

Novia Ari Naimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang wujud tindak tutur direktif yang disampaikan oleh pemelajar BIPA kepada mitra tutur dalam acara Kelas Internasional. Tindak tutur direktif berfungsi untuk memberikan efek melalui tindakan yang diinginkan oleh penutur, seperti perintah, permohonan, permintaan, dan memberikan saran atau nasehat. Data dalam penelitian ini diambil dari video dari acara Kelas Internasional season pertama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat. Hasil penelitian menyatakan bahwa bentuk tindak tutur direktif yang dimukan dalam acara Kelas Internasioal oleh pemelajar BIPA yakni, (1) bentuk mengusulkan; (2) bentuk melarang; dan (3) bentuk permintaan.

 

This study aims to describe the from of directive speech act conveyed by BIPA students to speech partners in the International Class event. The directive’s speech acts function to give effect through the actions desired by the speaker, such as orders, request, request, and providing suggestions or advice. The data in this study were taken from the first season of the International class event video. The method used in this research is descritive qualitative. Data collections methods use the see technique and take not. The result of the research started that the form of directive speech acts put in the International Class program by BIPA students were, (1) the form of proposing; (2) prohibiting form, and (3) form of request.


Keywords


kelas international;pemelajar bipa;tindak tutur direktif

Full Text:

PDF

References


Elmita, Winda dkk. 2013. Tindak Tutur Direktif Guru dalam Proses Belajar Mengajar di TK Nusa Indah Banuaran Padang. Jurnal Bahasa Indonesia, 1 (2): 139-143.

Rahmawati. 2020. Tindak Tutur Direktif dalam Percakapan Nonformal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Tadulo. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5 (3): 1-16.

Karim, A. 2012. Analisis Wacana: Kajian Teori dan Praktik. Sulawesi Tengah: Tadulako University Press.

Tamrin dan Nursyamsi. 2020. Bentuk Tindak Tutur Direktif dalam Interaksi Jual Beli di Pasar Tradisional Kota Palu. Multilingual, 19 (1): 18-31.

Welvi, Yossie Ana dkk. 2015. Tindak Tutur Direktif Guru dalam Proses Pembelajaran di MTS Riadhus Sholihin Kota Baru Kabupaten Sijunjung. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 3 (1): 84-95.

Arifin, Johan. 2016. Bentuk Tindak Tutur Direktif dalam Acara Mario Teguh Golden Ways. Jurnal Vidya Karya, 31 (2): 183-194.

Putri, Ely Gladisa. 2017. Tindak Ilokusi pada Acara Komedi “Kelas Internasional” di Stasiun NET.TV. Lingua Franca, II (2): 510-518.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.