Wordwall Dalam Pembelajaran Tata Bahasa Indonesia Secara Daring Pada Masa Pandemi
Abstract
Pembelajaran tata bahasa Indonesia dimaksudkan agar pemelajar BIPA mampu berbahasa Indonesia secara fungsional dan sesuai dengan konteks budaya Indonesia. Penggunaan tata bahasa sangat diperlukan oleh pemelajar BIPA demi kelancaran komunikasi lisan dan tulis. Pembelajaran tata bahasa secara daring membutuhkan strategi yang tepat dan efektif agar pemelajar BIPA mudah memahami materi tata bahasa dan menggunakan tata bahasa tersebut dalam ujaran atau tulisan. Gamifikasi dapat menjadi solusi bagi pengajar BIPA dalam mengajarkan materi tata bahasa melalui strategi pembelajaran yang menarik dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Wordwall merupakan salah satu aplikasi gamifikasi yang dapat digunakan oleh pengajar BIPA sebagai sumber belajar, media, dan alat evaluasi melalui serangkaian kegiatan yang menyenangkan khususnya bagi pemelajar dari generasi Z. Untuk itu, penulisan artikel ini bertujuan memaparkan implementasi Wordwall untuk menunjang pembelajaran tata bahasa Indonesia. Artikel ini ditulis dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptif mengenai pembelajaran tata bahasa Indonesia bagi pemelajar BIPA melalui Wordwall secara daring pada masa pandemi.
Learning Indonesian grammar is intended so that BIPA students can speak Indonesian functionally and in accordance with the Indonesian cultural context. The use of grammar is very much needed by BIPA students for the smooth running of oral and written communication. Learning grammar online requires the right and effective strategy so that BIPA students can easily understand grammar material and use the grammar in speech or writing. Gamification can be a solution for BIPA teachers in teaching grammar material through interesting learning strategies by utilizing technological advances. Wordwall is a gamification application that can be used by BIPA teachers as a learning resource, media, and evaluation tool through a series of fun activities, especially for students from generation Z. For this reason, this article aims to describe the implementation of Wordwall to support Indonesian grammar learning. This article was written with a descriptive qualitative approach that produced descriptive data on Indonesian grammar learning for BIPA students through online Wordwall during the pandemic.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astrid, A. (2011). Pembelajaran Tata Bahasa Inggris secara Komunikatif dengan Penyajian Induktif dan Pengintregasian Keterampilan Berbahasa: Studi Kasus di Kelas Bahasa Inggris I di IAIN Raden Fatah Palembang. Ta’dib, 16(2), 175–208.
Bassani, G., Bezzi, M., & Mă, L. (2018a). The challenges of digitally-mediated Italian language and culture development: Engaging the online learner through gamification [Application/pdf]. LEA - Lingue e Letterature d’Oriente e d’Occidente, 447-464 Paginazione, 117 kB. https://doi.org/10.13128/LEA-1824- 484X-24404.
Carver, L. B. (2016). Teacher Perception of Barriers and Benefits in K-12 Technology Usage. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 15(1), 110–116. https://doi.org/10.21125/inted.2016.1845.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications.
Deepti, P. (9 Juli 2020). Quizzes on Wordwall. Webinar on ICT Tools, New Delhi. https://ciet.nic.in/upload/29-07- 2020.pdf
Fuad, M., & Sumarti. (2017). Pembelajaran Berbicara Berbasis Tipologis Bahasa dan Kearifan Lokal Masyarakat Lampung bagi Peserta BIPA di Universitas Lampung. Pemartabatan Bahasa Indonesia Dalam Menghadapi Perubahan Konstelasi Politik Dan Ekonomi Dunia, 1, 1–7.
Harvey Arce, N. P., & Cuadros Valdivia, A. M. (2020). Adapting Competitiveness and Gamification to a Digital Platform for Foreign Language Learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(20), 194. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i20.1 6135
Hashemi, A., & Daneshfar, S. (2018). The Impact of Different Teaching Strategies on Teaching Grammar to College Students. Theory and Practice in Language Studies, 8(3), 340. https://doi.org/10.17507/tpls.0803.10
Matkasimova, D. B. kizi, & Makhmudov, K. S. ugli. (2020). Importance of Interactive Methods in the English Language Grammar Teaching. Science and Education, 1(2), 95–98.
Pangesti, F. (2017). Tata Bahasa Komunikatif dalam Pembelajaran BIPA Kelas Pemula (A1). Pemartabatan Bahasa Indonesia Dalam Menghadapi Perubahan Konstelasi Politik Dan Ekonomi Dunia, 1, 161–168.
Sherianto. (6 Juli 2020). Wordwall, Aplikasi Bermain Sambil Belajar. Cocokpedia. http://www.cocokpedia.net/2020/07 /wordwall-aplikasi-bermain-sambilbelajar.html#:~:text=Wordwall%20 adalah%20sebuah%20aplikasi%20y ang,penilaian%20yang%20menyena ngkan%20bagi%20murid.&text=Ba gaimana%20cara%20mendaftar%20 dan%20masuk,kemudian%20mengi si%20email%20dan%20password.
Suyitno, I. (2017). Norma Pedagogis Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing: Deskripsi Teoretis dan Hasil Kajian Empiris. Bandung: Refika Aditama.
Suyitno, I., Susanto, G., Kamal, M., & Fawzi, A. (2018). Perilaku Belajar dan Pembelajaran BIPA: Acuan Dasar Pengembanagan Literasi Komunikatif Pelajar BIPA. Bandung: Refika Aditama.
Wangi, N. B. S., Setyosari, P., Kuswandi, D., & Dwiyogo, W. D. (2018). Gamification as a Strategy to Improve Student Learning Motivation: Preparing Student for 21st Century. International Journal of Engineering & Technology, 7(2.14), 323–325.
Wijayanti, Y., & Siroj, M. B. (2020). Analisis Kesalahan Bahasa Tulis Pemelajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Level 2B Wisma Bahasa Yogyakarta. Jurnal Sastra Indonesia, 9(2), 90–96. https://doi.org/10.15294/jsi.v9i2.31568.
Refbacks
- There are currently no refbacks.