Karakteristik Pemelajar Asing Program Darmasiswa: Pengguna Buku Ajar Bahasa Indonesia

Wati Istanti, Andayani Andayani, Sarwiji Suwandi, Kundharu Saddhono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik pemelajar asing program Darmasiswa dalam menggunakan buku BIPA. Program Darmasiswa memiliki karakteristik yang berbeda antara program satu dengan yang lain. Buku BIPA yang digunakan secara umum memiliki pengaruh yang berbeda. Kemampuan pemelajar asing program Darmasiswa dalam menggunakan bahasa Indonesia ditentukan oleh beberapa faktor. Faktor tersebut antara lain dipengaruhi oleh negara asal dan latar belakang budaya, kompetensi tujuan belajar, latar belakang akademik, dan pengalaman pemelajar sebelum mengikuti Darmasiswa. Hal itulah yang mempengaruhi penggunaan buku bahasa Indonesia yang akan dipelajari mereka. Meskipun tidak secara signifikan, hal tersebut tetap berpengaruh pada pemahaman pemelajar asing program Darmasiswa terhadap penggunaan bahasa Indonesia. Maka diperlukan buku ajar BIPA yang memuat teks, yang dekat dengan lingkungan mereka. Harapannya, bagi seorang pengajar dapat mengidentifikasi karakteristik pemelajar asing program Darmasiswa dalam menggunakan buku bahasa Indonesia.

 

The purpose of this study is to describe the characteristics of foreign learners Darmasiswa program in using BIPA textbook. Darmasiswa program has different characteristics between programs from one to another. BIPA textbooks used in general have different influences. The ability of foreign learners Darmasiswa program in using Indonesian language is determined by several factors. These factors are influenced among others by the country of origin and cultural background, competence of learning objectives, academic background, and experience of learners before attending Darmasiswa. That affects the use of Indonesian textbooks that they will learn. Althoughnot significantly, it still affects the understanding of foreign learners Darmasiswa program to the use of Indonesian language. Then it is necessary to teach BIPA textbooks that contain text, which is close to their environment. Hopefully, for a teacher can identify the characteristics of foreign learners Darmasiswa program in using Indonesian textbooks.


Keywords


karakteristik pemelajar asing;darmasiswa;buku BIPA

Full Text:

PDF

References


Arifin, S. & Kusrianto A. 2009. Sukses Menulis Buku Ajar & Referensi. Jakarta: Grasindo.

Chamot, A. ., Robbin, J., & El-Dinary, P. . (1993). Learning Strategies in Japanese Foreign Language Instruction.

Hamdan, S., & Martinez, R. (2000). An Exploration of Ethnic/Cultural Violence Perceptions among Urban Middle and High School Students. Journal of Health Education, 31(4), 238–246.

Koentjaraningrat. (1979). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Radar Jaya Offset.

Kostyushina, Y. I., Stroiteleva, N. N., Lobuteva, A. V., & Tikhonova, Y. A. (2020). Psychological and cultural adaptation of foreign students to the new educational environment. Opcion, 36(SpecialEdition26), 594–612.

Latif. (2013). BIPA, Tingkatkan Fungsi Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Internasional. 23 Oktober 2013. Kompas.com

Muliastuti, L. (2017). Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing: Acuan Teori dan Pendekatan Pengajaran. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia.

Munby, John. 1980. Communicative Syllabus Design. Cambridge: Cambridge University Press.

Prabaningrum, D., Khasanah, S. N., & Tyaskyesti, S. (2019). PRINSIP SECUKUPNYA MENGENDALIKAN PERILAKU KONSUMTIF KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA PADA NOVEL KELUARGA CEMARA 1. Jurnal Sastra Indonesia, 8(1), 1–5. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.p hp/jsi/article/view/29949

Soewandi, A. . (1994). Pengajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing: Tujuan, Pendekatan, Bahan Ajar, dan Pengurutannya. Salatiga: UKSW.

Sofyan, Lia Angela. 1983. Pengajaran ESP pada Tingkat Perguruan Tinggi, dalam Linguistik Indonesia. Tahun 1983 No 1 Januari.

Taylor, Barbara. 1988. Reading Difficulties: Instruction and Assessment 2nd Edition. New York: Random House.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.