BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BATIK MEGAMENDUNG UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSI REMAJA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Ariska Triastutik, Dhika Indahsari Kurnia, Triyanti -

Abstract


Remaja sering kali dihadapkan dengan berbagai masalah yang menyangkut aspek emosi. Permasalahan seperti kasus Bullying dan aksi berperilaku kasar disosial media. Perilaku memberontak dan agresif pada remaja disebabkan remaja kurang mampu dalam mengelola dan menyalurkan emosinya. Cara yang digunakan yaitu dengan meningkatkan kecerdasan emosi pada remaja. Guru dapat memilih batik yang memiliki banyak  filosofi yang dapat diterima anak untuk membantu meningkatkan kecerdasan emosinnya, salah satunya adalah motif batik megamendung. Motif megamendung ini adalah awan yang mucul saat cuaca mendung sehingga makna dari batik ini yaitu setiap manusia harus mampu meredam amarah atau emosinnya dalam situasi kondisi apapun. Penelitian ini bertujuan membantu remaja mengembangkan kecerdasan emosi melalui layanan bimbingan kelompok dengan membatik sebagai tekniknya. 

Metode yang digunakan berupa studi literatur berdasarkan data dan dokumen yang berasal dari buku, jurnal, artikel ilmiah yang relevan. Hasil dari penelitian ini, dalam layanan bimbingan kelompok dengan teknik membatik megamendung ini mampu memberikan pembelajaran bagi remaja dalam meningkatkan kecerdasan emosi karena batik memiliki banyak filosofi didalamnya. Nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki serta potensi edukatif akan membantu remaja dalam menemukan konsep diri sekaligus arah diri yang positif.

Kesimpulan adalah salah satu hal yang bisa dikembangkan oleh konselor saat ini untuk mempertahankan budaya indonesia dengan memberikan pelayanan bimbingan konseling yang memuat kearifan lokal seperti kegiatan membatik menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan oleh konselor untuk mengembangkan tugas perkembangan remaja dengan meningkatkan kecerdasan emosi. Saran untuk peneliti selanjutnya lebih mengembangkan cara-cara yang tepat untuk meluapkan emosi pada remaja dengan variabel yang berbeda.

 


Keywords


Batik, Bimbingan Kelompok, Kecerdasan Emosi

Full Text:

PDF

References


Agustin.2010.Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual (ESQ).Jakaeta:Arga

Goleman.2003.Kecerdasan Emosi.Jakarta: Gramedia

Atkinson,R.L.dkk.1987.Pengantar Psikologi I.Jakarta:Penerbit Erlangga

Gitosaroso, Moh.2012.Kecerdasan Emosi (Emotional Intelegenci).Jurnal Khatulistiwa-Journal Of Islamic Studies.Vol 2, No 2

Goleman, Daniel.(2000).Emotional Intelligence (terjemahan).Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Handayani,Wuri. 2018.Bentu, Makna, Dan Fungsi Seni Batik Cirebon.Jurnal Atrat.Vol 6.No1.

Hurlock, Elizabeth B.2004. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan.Jakarta:Erlangga

Lestari,Indah. 2012. Pengembangan Model Bimbingan Konseling Dengan Teknik Simulasi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa.Jurnal Bimbingan Konseling. Vol 1, No 2.2012

Prasetyo, Anindito. 2010.Batik,Karya Agung Warisan Budaya Dunia.Purapustaka

Prayitno.1995.Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Praktik). Padang:Ghalia Indonesia

Sarlito Wirawan, (1997).Psikologi Remaja.Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada

Shokiyah, Nunuk nur. 2016. Pengaruh Intensitas Kegiatan Membatik Terhadap Kecerdasan Emosional Remaja. Journal Brikolase Vol 8 No 2.

Shokiyah,N,N.(2012) Batik Sebagai Sarana Penanaman Nilai-Nilai Budaya dan Pembentukan Karakter Bangsa Dalam Arus Globalisasi,dalam Briklolase.Jurnal Kajian Teori,Praktek dan Wacana Seni Budaya Rupa.Vol.4 No.1. Juli 2012.

Winkel,W.S.2004.Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan.Jakarta:PT Grasindo

Winkel,W.S.& MM Sri Hatuti.2006.Bimbingan dan Konseling di Inatitusi Pendidikan.Yogyakarta:PT Media Abadi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.