BIMBINGAN KLASIKAL PENGUASAAN KONTEN DENGAN GOOGLE CLASSROOM BERBASIS PEMAKNAAN CERITA RAKYAT UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA SMP

Irvan Setiawan, Igo Masaid P, Dea Farah Aisy

Abstract


Bimbingan klasikal adalah salah satu layanan dalam program yang dirancang guru BK dalam memberikan layanan untuk siswa-siswa disekolahnya. Bimbingan klasikal diberikan untuk siswa dalam skala cukup besar atau satu kelas yang dilakukan baik di dalam maupun di luar kelas. Salah satu layanan yang di berikan adalah layanan informasi. Layanan penguasaan konten adalah layanan yang diberikan untuk individu maupun kelompok untuk menguasai kemampuan atau kompetensi (konten) tertentu melalui kegiatan belajar. Google Classroom dirancang untuk membantu pengajar membuat dan mengumpulkan tugas tanpa kertas, termasuk fitur yang menghemat waktu seperti kemampuan untuk membuat salinan dokumen secara otomatis bagi setiap siswa.Google Classroom juga bisa terhubung ke situs situs internet dan YouTube. Seiring dengan kemajuan teknologi di  era 4.0, bidang pendidikan mempunyai pengaruh penting dalam pembentukan karakter seluruh siswa. Seorang guru harus terus belajar dan meng-update ilmunya seiring dengan perkembangan zaman, salah satunya adalah guru BK. Guru BK harus berinovasi membuat media yang menarik agar siswa tertarik untuk mengikuti kegiatan layanan. Penanaman karakter yang dilakukan oleh guru BK harus juga beriringan dengan nilai-nilai karakter  krhidupan yang terkandung dalam kearifan lokal salah satunya cerita rakyat yang sudah ada sejak zaman nenek moyang kita. JAS MERAH (Jangan pernah melupakan sejarah) walupun kemajuan teknologi berkembang pesat.Penelitian ini dilakukan berdasarkan pengalaman dan hanya konseptual semata karena tidak melakukan perhitungan secara kuantitatif.

 


Keywords


Bimbingan klasikal, Google Classroom, Cerita rakyat

Full Text:

PDF

References


Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, oleh Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, 2010

Danandjaja, James. 1986. Folklor Indonesia Ilmu Gosip dan Dongeng. Jakarta: Graffiti Press.Nasrullah, R. 2015. Media Sosial: Perspektif Komunikasi , budaya dan sosioteknologi . Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

E , Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Pratama, Dicky. Dan Hendri Soprayadi. 2016. Analisis Pengaruh Pemanfaatan Google Classroom Terhadap Efisiensi Pada Stmik Xyz. STMIK GI MDP.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang.

_____. 2008. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulistyarini, Dwi. 2017. Nilai Moral Dalam Cerita Rakyat Sebagai Sarana Pendidikan Budi Pekerti. Universitas Negeri Malang. dalam https://ki- demang.com/kbj5/index.php/makalah-komisi-b/1147-13-nilai-moral-dalam- cerita-rakyat-sebagai-sarana-pendidikan-budi-pekerti/

Wibowo, agus. 2011. Layanan Penguasaan Konten . Dalam http://bimbingankonselingsiswasmp.blogspot.com/2011/10/layanan-penguasaan- konten.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.