BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA BERBASIS LOCAL WISDOM UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA

Jamilah -, Kiki Anggun Saputri, Hasna Nastiti Zulfiana

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini adalah sebagai referensi strategi layanan bimbingan kelompok berbasis local wisdom atau kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa di era revolusi industri 4.0. Era revolusi industri 4.0 selain memberikan dampak positif juga memberikan dampak negatif berupa peningkatan sikap individualitas seseorang sehingga intensitas untuk berkomunikasi menurun. Oleh karena itu, perlu adanya usaha untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa, salah satunya melalui bimbingan kelompok. Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa adalah melalaui sosiodrama. Sosiodrama adalah suatu teknik dalam bimbingan kelompok yang memberikan kesempatan pada siswa untuk memecahkan dan mendramatisasikan masalah yang berkaitan dengan sikap, tingkah laku/ penghayatan seseorang yang timbul dalam hubungan sosial sehari-hari. Melalui sosiodrama ini siswa mendapatkan pemahaman dan penghayatan akan masalah-masalah sosial serta mengembangkan kemampuan siswa untuk memecahkannya.Local wisdom atau kearifan lokal merupakan nilai-nilai yang sudah ada dimasyarakat dan terus ada dari generasi ke generasi. Local wisdom tersebut dapat berbentuk permainan atau nilai-nilai budaya yang terkandung dalam cerita rakyat. Nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung dalam cerita rakyat  tersebut  dapat diaplikasikan dalam bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama. Dalam teknik sosiodrama akan terjadi interaksi antar anggota kelompok sehingga keterampilan komunikasi interpersonal siswa meningkat dan nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung dalam cerita rakyat yang diperankan dalam sosiodrama tersebut dapat dilestarikan. Dengan demikian, melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama tersebut diharapkan keterampilan komunikasi interpersonal  siswa dapat berkembang secara optimal. 


Keywords


bimbingan kelompok, sosiodrama, komunikasi interpersonal, local wisdom.

Full Text:

PDF

References


Abimanyu, S. & Manrihu, M.T. 1996. Teknik dan Laboratorium Konseling. Jakarta: Depdikbud. Dirjen Dikti.

Amiruddin, Moch. 2014. “Interpersonal Communication Skills among the Master’s Students in TVET”. Developing Country Studies.Vol.4 : Hal.16 .

Arikunto Aminudin, Muhammad. 2018. Warga dan Mahasiswa Papua Sempat Ricuh, Polisi: Ada Miss Komunikasi; https://m.detik.com/news/berita-jawa-timur/d-4093958/warga-dan-mahasiswa-papua-sempat-ricuh-polisi-ada-miss-komunikasi ; diakses tanggal 13 April 2019.

Barrett, D. J. (2006). Strong communication skills a must for today's leaders, handbook of business strategy. Emerald, pp: 385-390.

Basyari, H. & Wariin, I. 2014. Nilai-nilai kearifan lokal (local wisdom) tradisi Memitu pada masyarakat Cirebon (studi masyarakat desa Setu Patok kecamatan Mundu). Edunomic, 2 (1).

Bhakti, C. P., Kumara, A. R., & Safitri, N. E. (2017). Pemahaman guru bimbingan dan konseling tingkat SMP tentang bimbingan dan konseling komprehensif. Jurnal Ilmiah Counsellia, 7(1), 11–19.

Chaplin. J.P.2004. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

De Vito, J. 2007. Komunikasi Antar Manusia. Diterjemahkan oleh Maulana Agus. Jakarta: Profesional Book.

Enjang, A.S. 2009. Komunikasi Konseling. Bandung: Nuansa.

Gladding, S. T. 1994. Group Work: A Counseling Specialty. New Jersey: Englewood Cliffs, Prentice-Hall.

Hamid, ilham. 2018. Penerapan Teknik Sosiodrama Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Smk Negeri 8 Makassar. Jurnal mimbar Kesejahteraan Sosial, Edisi I : Makassar.

Herman J Waluyo. (2001). Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya Yogyakarta.

Kagermann, H., Lukas, W. D., & Wahlster, W. (2013). Final report: Recommendations for implementing the strategic initiative INDUSTRIE 4.0. Industrie 4.0 Working Group.

Marzano, R. J & Heflebower, T. (2012). Teaching & Assssing 21st Century Skills (The Classroom Strategies Series). E_Book from marzanoresearch.com

Munawaroh, sya’adatul & Lubis, M.Rajab. 2015. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Kelas Viii Mtsn 2 Medan. Jurnal Diversita : Universitas Negeri Medan.

Nanisrinuria, I. 2013. Program Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa. Skripsi.

Panduan operasional penyelenggaraan Bimbingan Konseling di SMA.

Prasetyo, H. & Sutopo, W. (2018). Industri 4.0: Telaah klasifikasi aspek dan arah perkembangan riset. Jurnal Teknik Industri, 13(1), 17-26.

Prayitno, 2004. Layanan Bimbingan dan konseling kelompok. Padang : FIP Universitas Negeri Padang

Rahmat, jalaluddin. 2008. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Siregar, Marabonggala Mukafih. 2014. Penerapan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Siswa Kelas Vii Smp Negeri 5 Depok Sleman Yogyakarta. Skripsi : Yogyakarta.

Sukardi, Dewa K. 2003. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Thoha, M. 2002. Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta.

Tjandrawina, R.R. 2016. Industri 4.0: Revolusi industri abad ini dan pengaruhnya pada bidang kesehatan dan bioteknologi. Jurnal Medicinus, Vol 29, Nomor 1, Edisi April.

Winkel, W. S. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.

Winkel, W.S. dan MM Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan konseling di institusi Pendidikan. Yogyakarta : PT media abadi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.