Bahasa Cerminan Budaya (Budaya Jawa)

Maya Melani, Tesa Elviana

Abstract


Bahasa menunjukan bangsa, kalimat itu sudah diyakini dimasyarakat. Bahasa merupakan sistem lambang bunyi bersifat arbitrer yang bermakna dan digunakan sebagai alat komunikasi oleh masyar`akat pemakai bahasa. Bahasa merupakan salah satu ciri yang paling khas dan manusiawi untuk membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Bahasa sebagai suatu sistem komunikasi adalah suatu bagian dari sistem kebudayaan dan merupakan bagian inti kebudayaan. Kebudayaan tidak akan terbentuk tanpa adanya bahasa karena bahasa merupakan faktor utama yang menentukan terbentuknya budaya. Maka dari itu, bahasa tidak dapat dipisahkan dari kehidupan budaya manusia karena antara bahasa dan budaya memiliki hubungan timbal-balik. Bahasa merupakan salah satu hasil budaya manusia. Kebudayaan manusia tidak akan dapat terjadi tanpa bahasa karena bahasalah faktor yang memungkinkan terbentuknya kebudayaan. Sehingga, bahasa menjadi cerminan kebudayaan suatu masyarakat.

Keywords


Bahasa, Cermin Budaya

Full Text:

PDF

References


Devianty, Rina. 2017. Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, Vol. 24, No.2. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN SU Medan.

Kanzunnudin, Mohammad. 2016. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama

Koentjaraningrat. 1985. Kebudayaan, Mentaliatas dan pembangunan. Jakarta: Gramedia.

Mulyana. Pencerminan budaya dalam perilaku kode-kode bahasa. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Widada. Ed 1995. Kondisi Bahasa Jawa Dan Pemanfaatanya Sekarang Dan Masa Depan Dalam Pusran Bahasa Dan Sastra Jawa. Yogyakarta: Balai Penelitian Bahasa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.