PEMAHAMAN SOPAN SANTUN SISWA PADA ERA INDUSTRI 4.0 MELALUI LAYANAN KLASIKAL

Ukky Riana Sari, Farkhatun Dyah Kinanti, Putri Hapsari Azzahro

Abstract


Sopan santun merupakan salah satu kearifan lokal yang dimiliki Indonesia. Seiring berkembangnya zaman yakni memasuki era industri 4.0 kekhawatiran akan hilangnya kearifan lokal Indonesia mulai muncul, terlebih melihat fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa siswa sekolah kini lebih asyik dengan teknologi yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil kajian pustaka mengenai pemahaman sopan santun siswa pada era industri 4.0 melalui layanan klasikal. Layanan klasikal merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai sopan santun. Penggunaan media dan metode yang tepat mendukung efektivitas layanan klasikal ini.

 

 


Keywords


sopan santun, siswa, layanan klasikal.

Full Text:

PDF

References


Alifia, Naia Widia. 2014. Peningkatan Sopan Santun Siswa Melalui Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Negeri (sumber:http://pustakanaia.blogspot.com/2014) diakses tanggal 10 April 2019.

Dirjendiknas. Bimbingan dan Konseling. 2004. Jakarta.

Ganjar, Risma Fauzy Muchram & Mupid Hidayat. 2013. “Pembinaan Sopan Santun Sebagai Upaya Membentuk Akhlak Mulia Siswa. Studi Deskriptif Pada Pembelajaraan Aqidah Akhlak MTs YPI Al Islam Kabupaten Bandung” . Integritas, Vol.1 No.2. Hlm 249-256.

Hamalik, Oemar. 2007. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Pitaloka, Dyah Ayu. 2017. Layanan Informasi Bimbingan Pribadi untuk Meningkatkan Etika Pergaulan di Sekolah (pada Peserta Didik Kelas VIII SMP N 1 Saradan Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi: Universitas Sebelas Maret.

Sudjiono, Anas. 1996. Pengatur Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Surajiyo. 2005. Ilmu Filsafat: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ujiningsih & Sunu Dwi Antoro. 2010. “Pembudayaan Sikap Sopan Santun di Rumah dan di Sekolah Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Karakter Siswa”. Makalah Disampaikan Dalam Temu Ilmiah Nasional Guru II 2010 Universitas Terbuka.

Wahyudi, Didik & I Made Arsana. 2014. Peran Keluarga dalam Membina Sopan Santun di Desa Galis Kecamatan Galis Kabupaten Pameksaan. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Vol 1 No 2. Hlm 290-304.

Wati, Ameliya Eka. 2017. Peningkatan Karakter Menghormati Orang Tua melalui Layanan Bimbingan Klasikal dengan Media Video Karakter pada Siswa Kelas VII B di SMP N 2 Paliyan, Gunung Kidul. Skripsi: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.