KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI ANTAR AGAMA DI ERA INDUSTRI 4.0

Wella Pratiwi Bakti, Ilham Khoerul Imam, Erja Satria Aji

Abstract


Sikap toleransi amat berhubungan erat dengan sikap sosial individu. Kemampuan dalam sikap toleransi dengan baik tentunya juga akan menampakkan sikap sosial yang baik pula. Sikap sosial yang baik akan membuat individu lebih nyaman dalam berinteraksi dengan orang lain. Sikap sosial yang baik itu dapat diwujudkan dari pembiasaan atau yang dilakukan berulang-ulang. Kesimpulan dari desain awal penelitain ini adalah tahapan-tahapan layanan konseling kelompok yaitu tahap pembentukan, peralihan, kegiatan dan pengakhiran. Konseling kelompok dengan teknik sosiodrama dinilai berhasil dan dapat meningkatkan sikap toleransi umat beragama pada siswa Sekolah Menengah Pertama dengan kategori baik. Dengan desain awal penelitian ini disarankan, (1) Dalam pelaksanaan konseling kelompok teknik sosiodrama, guru pembimbing diharapkan dapat meningkatkan proses pelaksanaan tahapan kegiatan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama terutama pada tahap pembentukan dan tahap kegiatan agar, pelaksanaan bimbingan kelompok menjadi semakin efektif dan lebih baik. (2) dalam pelaksanaan tindakan sebaiknya guru pembimbing dapat meningkatkan kemampuan dalam teknik eksplorasi masalah peserta didik dengan tetap bersikap pasif reflektif agar tercapai tujuan kemandirian yang ada didalam konseling kelompok. (3) dikarenakan kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya bagi peserta didik, maka diharapkan kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan sebagai salah satu strategi pengentasan masalah peserta didik.


Keywords


toleransi, agama, konseling individu, sosiodrama

Full Text:

PDF

References


Emi Indriasari: Jurnal Konseling Gusjigang-ISSN : 2460-1187 (p); 2503-281X

(e)Volume 2 Nomor 2 (Oktober, 2016)

Casram: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 1,2 (Juli 2016): 187-198.

Enjang. 2009. Komunikasi Konseling. Bandung : Nuansa.

Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang : Universitas Negeri Padang

Prayitno dan E. Amti. 2008. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta :

PT Rineka Cipta

Arikunto, S. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Wibowo, M. E. 2005. Konseling Kelompok Dan Perkembangan. Semarang :

UNNES Press

Suciartini, N. N. A. (2017). Urgensi Pendidikan Toleransi dalam Wajah Pembelajaran sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 12-22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.