MANAJEMEN ASESMEN DAN FEEDBACK FORMATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Kartono Kartono

Abstract


Meskipun profesi guru tidak akan tergantikan oleh mesin atau robot diera revolusi industri 4.0, namun guru harus selalu mengikuti perkembangan zaman agar bisa menjadi guru yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Setidaknya ada 4 kompetensi yang harus dimiliki guru pada era revolusi industri 4.0 ini, yakni mampu melaksanakan penilaian secara komprehensif, mempunyai kompetensi guru abad 21, mampu melaksanakan pembelajaran yang inovatif, dan mampu menyajikan modul yang sesuai dengan selera siswa. Terkait dengan tuntutan kompetensi guru di era tersebut khususnya pada komponen asesmen terdapat hal yang menarik untuk didiskusikan yakni tentang manajemen pembelajaran yang utuh di kelas khususnya kompenen asesmen formatif. Di era baru, lingkungan pembelajran konvensional tatap muka dirasa sudah tidak relevan lagi, dan yang cocok adalah pembelajaran dalam lingkungan blended learning kombinasi antara pembelajaran tatap muka dan on line. Pada proses kegiatan pembelajaran utuh diawali dengan proses pembelajaran utama, dilakukan asesmen dan feedback formatif, kemudian berikutnya adalah proses pembelajaran kedua, diakhiri dengan asesmen. Manajemen asesmen dan feedback formatif pada pembelajaran yang kurang baik dapat berakibat hasil belajar siswa kurang optimal, apalagi ditunjang oleh konten pembelajran matematika yang mempunyai karakteristik tertentu, Manajemen yang baik mengenai asesmen dan feedback formatif pada pembelajaran matematika merupakan tuntutan bagi guruidi era revolusi industri 4.0

Keywords


asesmen; feedback; formatif; revolusi industri 4.0

Full Text:

PDF

References


Brookhart, S.M. 2008. How to give to your students effective feedback. Alexaandria:

ASCD.

Carol, B. 2002. The concept of formatif assessment. Practical Assessment,

Research & Evaluation, 8(9); 12-20

Fisher, D. & Frey, N. 2007. Cheking for understanding formative assessment

techniques for your classroom. Alexandria: ASCD.

Frey, N. & Fisher, D. 2011. The formative assessment action plan practical step to

more successful teaching and learning. Alexandria: ASCD.

Garrison, D.R. & Vaughan, N.D. 2008. Blended learning in higher education

framework, principles, and guidelines. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.

Greenstein, L. 2010. What teachers really need to know about formative

assessment. Alexandria: ASCD.

Irons, A. 2008. Enhancing learning trough formative assessment and feedback.

New York: Taylor & Prancis Group.

McMillan, J.H., Venable, J.C., & Varier, D. 2013. Studies of the effect of formative

assessment on student achievement: so much more is needed. Practical

Assessment, Research, & Evaluation. 18(2); 1-14.

OECD. 2005. Formative assessment improving learning in secondary classrooms.

New York: OECD Publishing.

Prayitno, W. 2015. Penerapan blended learning dalam pengembangan pendidikan

dan latihan (diklat) bagi pendidik dan tenaga kependidikan. Yogyakarta:

LPMP.

Slameto, 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumaji, 2019. Implementasi pendekatan STEM dalam pembelajaran matematika.

Makalah. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Muria

Kudus.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: