KEPRAKTISAN MEDIA KOMIK MATEMATIKA BERBASIS OPEN ENDED PADA MATERI GEOMETRI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Nur Wakhidah, Eka Zuliana, Henry Suryo Bintoro

Abstract


Matematika adalah salah satu bidang studi yang memuat konsep-konsep yang abstrak. Konsep abstrak yang ada di dalam matematika biasanya menyebabkan siswa bingung untuk memahami konsep yang ada pada matematika. Untuk menjelaskan konsep yang abstrak perlu adanya suatu media yang dapat membantu siswa dalam memahaminya. Salah satunya adalah dengan media komik. Komik merupakan salah satu jenis buku cerita yang terdapat gambar yang disusun secara sistematis dan berfungsi untuk menjelaskan isi cerita. Komik matematika merupakan komik yang di dalamnya disajikan cerita yang memuat konsep-konsep matematika yang berfungsi untuk menjelaskan konsep dan menarik siswa untuk belajar matematika. Komik matematika berbasis open ended merupakan media yang dapat digunakan untuk menarik minat siswa terhadap pembelajaran matematika dimana di dalamnya memuat permasalahan open ended yang dapat diselesaikan siswa. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kepraktisan media komik berbasis open ended pada materi geometri untuk siswa kelas IV SD pada materi luas dan keliling persegi dan persegi panjang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara, angket respon siswa, angket tanggapan guru. Hasil angket respon siswa menunjukkan rata-rata keseluruhan 3,39 dengan kriteria praktis. Sedangkan hasil analisis angket tanggapan guru menunjukkan skor rata-rata 3,75 dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media komik berbasis open ended praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran geometri kelas IV sekolah dasar.

Keywords


komik;open ended;kepraktisan

Full Text:

PDF

References


Agustini, RY dkk. 2017. Construction of Open-ended Problems for Assessing

Elementary Student Mathematical Connection Ability on Plane Geometry.

Makalah International Conference on Mathematics and Science Education

(ICMScE). IOP Publishing.

Ariani, I M Desi dkk. 2014. Pengaruh Implementasi Open Ended Problem dalam

Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah

dengan Pengendalian Kemampuan Penalaran Abstrak. E-Journal Program

Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 4.

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogjakarta:

DivaPress.

Kadarisma, Gida. 2018. Penerapan Pendekatan Open-Ended dalam

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa SMP. ANARGYA: Jurnal

Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol 1 No 2, 77-81.

OECD. 2015. PISA 2015: PISA Results in Focus. Paris: OECD Publishing.

NCES. 2016. Highlights from TIMSS and TIMSS Advanced 2015: RESULTS

FROM TIMSS 2015. US: IES.

Negara, Hasan Sastra. 2014. Penggunaan Komik Sebagai Media Pembelajaran

Terhadap Upaya Meningkatkan Minat Matematika Siswa Sekolah Dasar

(SD/MI). Jurnal Terampil Vol 3 No 2, 250-259.

Pardimin dan Sri Adi Widodo. 2017. Development Comic Based Problem Solving

in Geometry. International Electronic Journal of Mathematics Education,

Vol 12 No 3, 233-241.

Saputra, Dwi. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan

Media Benda Konkret di Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah

Dasar, Vol 6 No 2, 199-125.

Sari, Pramitha. 2017. Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Besar

Sudut Melalui Pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, Vol 2 No 1.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.

Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru

Algensindo.

Suryawan, I P P dan Sariyasa. 2017. Integrating Ethnomathematics Into OpenEnded Problem Based Teaching Materials. Makalah International

Conference on Mathematics and Natural Sciences. Mathematics and Science

Faculty Universitas Pendidikan Ganesha, Kuta-Bali. 6-7 September 2017.

Yuliana, Rina dan Sugiyono. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran

dengan Pendekatan PMRI Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung

untuk SMP Kelas IX. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 6 No 1, 60-67.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: