MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriansyah, E. A. (2016). “Investigasi Kemampuan Problem Solving dan Problem
Posing Matematis Mahasiswa via Pendekatan Realistic”. Mosharafa: Jurnal
Pendidikan Matematika, 5 (3), 269-280.
Afriansyah, E. A. (2012). “Implementasi PMRI dalam Materi Sifat Komutatif dan
Asosiatif pada Bilangan Bulat untuk Level Siswa SD/MI”. Mosharafa: Jurnal
Pendidikan Matematika, 1 (1), 19–25.
Alamiah, U. S. & Afriansyah, E. A. (2017). “Perbandingan Kemampuan
Komunikasi Matematis Siswa antara yang Mendapatkan Model
Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan RME dan OpenEnded”. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (2), 207-216.
Hidayat, R., & Iksan, Z. H. (2015). “The Effect of RME On Students’ conceptual
Understanding of Linear Programming”. Creative Education, 6, 2438-2445.
[online]. Tersedia: http://file.scirp.org/pdf/CE_2015123013333885.pdf[23
November 2016]
Mulyasa, E. (2005). Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK.
Bandung. Remaja Rosdakarya.
National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and Standards for
School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Rahayu, D. V. (2009). “Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa
Antara Yang Menggunakan Model Pembelajaran Advance Organizer Dengan
Pembelajaran Konvensional”. Skripsi: STKIP Garut: Tidak diterbitkan.
Ruspiani. (2000). Kemampuan siswa dalam Melakukan Koneksi Matematika.
Tesis. Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Putri, R. I., & Santosa, R. H. (2015). “Keefektifan Strategi React Ditinjau Dari
Prestasi Belajar, Kemampuan Penyelesaian Masalah, Koneksi Matematis,
Self Effecacy”. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Volume 2 – Nomor 2,
November 2015, (262 - 272). [online]. Tersedia:
http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index [26 November 2016].
Saminanto & Kartono. (2015). Analysis of Mathematical Connection Ability in
Linear Equation With One variableBased on Connectivity Theory.
International Journal of Educationand Research, Vol. 3 No. 4, hlm.259-270.
Subijanto. (2015). Kebijakan Program Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal di
Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekalongan. Jurnal Pendidikan dan
Kebudayaan, 21(2), 115–134.
Sugiman. (2008). Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah
Menengah Pertama. [online]. http://journal.uny.ac.id/index.php
/pythagoras/article/view/687.
Suherman, E., dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
Bandung : Jica
Sumarmo. 2006. Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika pada Siswa
Sekolah Menengah. Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Sumarmo. (2006). Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika pada Siswa
Sekolah Menengah. Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Wahyudi, T., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2016). Pengembangan Soal Penalaran
Tipe TIMSS Menggunakan Konteks Budaya Lampung. Jurnal Didaktik
Matematika, 3(1), 1–14.
Wijaya, Ariyadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif
Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: