KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA MODUL ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Angga Sasena, Henry Suryo Bintoro, Himmatul Ulya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IV SD 8 Kandangmas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan media modul etnomatematika lebih baik dibandingkan dengan siswa kelas IV SD 6 Kandangmas yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi hubungan antar garis, dan (2) mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IV SD 8 Kandangmas berbantuan media modul etnomatematika pada materi hubungan antar garis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Posttest Only Group Control. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN 8 Kandangmas dengan 22 siswa sebagai kelas eksperimen, dan SDN 6 Kandangmas dengan 27 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata, sedangkan analisis data akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata dan uji ketuntasan belajar. Hasil penelitian mendapatkan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis siswa yang menerima pembelajaran inkuiri dan modul etnomatematika lebih baik dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang menerima pembelajaran konvensional dan (2) penggunaan model inkuiri berbantuan media modul etnomatematika efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Keywords


kemampuan berpikir kritis matematis; model inkuiri; media modul etnomatematika

Full Text:

PDF

References


Abi, Alfonsa M. 2016. Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika

Sekolah. JPMI.Vol.1.No.1.Hal 1-6

Falahuddin, dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Materi Pengelolaan Lingkungan Di Smp Negeri 2 Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin.

Jurnal Biolmi. Vol. 2 No.2. Hal. 92-101

Juniantari, Made. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Dengan Model

Inkuiri Berorientasi Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan

Berpikir Kritis Mahasiswa.Wahana Matematika dan Sains.Vol.11 No.1

Jumaisyaroh,T.Napitulu dan Hasratuddin. 2014. Peningkatan Kemampuan

Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui

Pembelajaran Berbasis Masalah.Jurnal Kreano.Vol. 5 No.2

Lestari dan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung :

PT. Refika Aditama.

Mullis, Ina V.S. dan Michael O. Martin. 2015. TIMSS 2015 Assessment

Frameworks. Philadelphia: TIMSS & PIRLS International Study Center

Permendikbud no. 24 tahun 2016 tentang kurikulum 2013

Rahmawati, Marsigit. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika

Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Siswa Smp.Jurnal

Pendidikan Matematika.Vol.6,No.6. Hal.69-76

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.

Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Suprihatiningrum. 2016. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi.

Jogjakarta:Ar-Ruz Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: