PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PENURUNAN KECEMASAN MATEMATIKA MELALUI MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA GEOBOARD

Finda Ardiyanti, Ratri Rahayu, Imaniar Purbasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan komunikasi matematis, penurunan kecemasan matematika serta peningkatan keterampilan mengajar guru model think talk write (TTW) berbantuan media geoboard. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD N 4 Bae Kudus. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini yaitu guru sebagai peneliti dan 18 siswa kelas IV. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu pembelajaran model TTW berbantuan media geoboard. Adapun variabel terikatnya yakni komunikasi matematis, kecemasan matematika serta keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) komunikasi matematis siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata klasikal sebesar 63,41 dan meningkat menjadi 80,57 pada siklus II, (2) kecemasan matematika siswa pada siklus I memperoleh persentase klasikal sebesar 54,6% dan menurun menjadi 42,1% pada siklus II, (3) keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 3,17 dan meningkat menjadi 3,42. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model TTW berbantuan media geoboard dapat meningkatkan komunikasi matematis, menurunkan kecemasan matematika dan meningkatkan keterampilan mengajar guru pada materi keliling dan luas bangun datar.

Keywords


kecemasan matematika; komunikasi matematis; media geoboard; model think talk write

Full Text:

PDF

References


American Institute for Research. 2015. Trends in International Mathematics and

Science Study, [oneline], (http://www.timssandpirls.bc.ediu, diakses tanggal 8

Desember 2017)

Departement of Education. 2015. Program for International Students

Achievement, [oneling], (http://eocd.org/pisa/keyfinding, diakses tanggal 30

November 2017).

Ibrahim dan Suparni. 2012. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta:

BIdang Akademik UIN Sunan Kalijaga.

Ghandra, Sari Rahma dan Ahmad Fauzan. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran

Tipe Think Talk Write dan Gender Terhadap Kemampuan Komunikasi

Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 12 Padang. Jurnal Pendidikan

Matematika, 3 (1), 35-40.

Nisa, T.F. dan Ulfiyatul, B. 2015. Efektivitas Penggunaan Geoboard Bangun

Datar Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Apotema, 1 (2), 1-8.

Putri, Dini Palupi. 2017. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write

Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah. Jurnal

Pendidikan Islam, 2 (1), 76-100.

Sheffield, D. dan Hunt, T. 2007. How Does Anxiety Influence Math Performance

and What Can We Do About It?. MSOR Connections, 6 (4), 19-21.

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Jakarta: Prenadamedia Group.

Syafri, Fatima Santri. 2017. Ada Apa Kecemasan Matematika?. Journal Of

Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1 (1), 59-65.

Ulamatullah, T.S., Retna, N.S. dan Bambang, S. 2017. Pengaruh Persepsi Siswa

Tentang Keterampilan Menjelaskan Guru Terhadap Pemahaman Materi

Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11 (1), 124-129.

Wicaksono, A.F. dan Muhammad, S. 2013. Mengelola Kecemasan Siswa dalam

Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan

Pendidikan Matematika FMIPA UNY. ISBN: 978-979-16353-9-4


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: