PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN POLYMATH

Ahmad Edy Susanto, Murtono Murtono, Ratri Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media permainan Polymath. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Soneyan 02 dengan subjek penelitian 33 siswa dan peneliti sebagai guru. Penelitian berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model PBL dan media permainan Polymath, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi teknik observasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengajar guru mengelola pembelajaran matematika siklus I memperoleh nilai rata-rata 69,91 (baik) meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,5 (sangat baik). Aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata 67,2 (cukup) meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 86,48 (baik). Kemampuan pemecahan masalah siklus I memperoleh nilai rata-rata klasikal sebesar 64,9 (rendah) dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 58% dan meningkat pada siklus II memperoleh nilai rata-rata klasikal sebesar 83,28 (baik) dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 79%.

Keywords


aktivitas belajar siswa; kemampuan pemecahan masalah; keterampilan mengajar guru; Polymath; Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Adjie, Nahrowi dan Maulana. 2009. Pemecahan Masalah Matematika. Bandung:

UPI PRESS.

Aqib, Zaenal. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual

(inovatif).Bandung: CV Yrama Wdya

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ermawati, Diana dan Eka Zuliana. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemechan

Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Melalui Model

Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD Melati Lor. Dalam Murtono

(Eds). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Menyiapkan Pendidik Yang

Melek Hukum Terhadap Perlindungan Anak” (Hlm.35) Kudus: Universitas

Muria Kudus.

Gunantara, Suarjana, dan Nanci Riastini. 2014. Penerapan Model Pembelajaran

Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas

Pendidikan Ganesha. Vol. 2 No: 1.

Hamalik, Oemar.2004. Dasar-dasar pengembangan Kurikulum.Bandung:

PT.Remaja Rosdakarya.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

IAE. 2015. TIMSS & PIRLS International Study Center Lynch Scool Of Education

Boston College. Online: http://www.tmss2015.org. Diakses pada 17 April

Indrawati, Desi. dkk. 2015. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas

V SD. Satya Widya. Vol 30. No 1.

Jannah, Novia Lika Nor dan Eka Zuliana. 2012. “Peningkatan kemampuan

pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD 3 Tenggeles melalui

model pembelajaran berbasis masalah materi pecahan”. Refleksi Edukatika,

(2).

Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, dan

Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor:

Penerbit Ghalia Indonesia

Ramadhani,Nendy. dkk. 2016. Pengembangan Media Educational Game

Monopoli Fisika Asik (MOSIK) Pada Mata Pelajaran IPA di SMP. Jurnal

Pembelajaran Fisika. Vol. 5 no. 3. Hal 235-345.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Shominin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta:

Kencana

Usman, Uzer. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: