PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA PAPAN BANGUN DATAR

Lailatul Fitri, Henry Suryo Bintoro, Ratri Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, keterampilan komunikasi matematis siswa, dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar menggunakan model Think Pair Share (TPS) berbantu media papan bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD 2 Buwaran. Subjek penelitian ini terdiri dari 20 siswa kelas V dan peneliti sebagai guru. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tahapan penelitian menggunakan model PTK Kemmis dan mc. Taggart, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran TPS berbantu media papan bangun datar, sedangkan variabel terikatnya adalah komunikasi matematis siswa dan keterampilan mengajar guru. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan tes. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat dari siklus I memperoleh rata-rata 69,7 (kurang) dengan ketuntasan klasikal 60% meningkat pada siklus II menjadi memperoleh rata-rata 75,15 (cukup) dengan ketuntasan klasikal 85%; (2) keterampilan komunikasi matematis siswa pada siklus I memeperoleh rata-rata 2,27 (cukup) mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 2,87 (baik). (3) keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh nilai rata-rata 2,6 (baik) meningkat ke siklus II dengan rata-rata 3,1 (baik).

Keywords


Komunikasi Matematis Siswa; Media Papan Bangun Datar; Think Pair Share

Full Text:

PDF

References


Antika, Rindhy. 2011. Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Luas Bangun

Datar Melalui Media Papan Berpaku dalam Pembelajaran Matematika

Siswa Kleas III SD Negeri I Tanggulangin Kecamatan Jatisrono

Kabupaten Wonogiri. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Universitas Sebelas Maret: Surakarta.

Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Aqib, Zainal. 2016. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual

(Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

__________. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Runtukahu, Tombokan. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak

Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme

Guru. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia

Group.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM.

Yogyakarta: Paramedia Group.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Jakarta: Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: