Abstract
Asesmen Kompetensi Minimum menjadi pengukur capaian literasi dan numerasi, yang digunakan untuk memetakan. mutu pendidikan di Indonesia dengan standar internasional. Numerasi merupakan kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia. Dengan kata lain numerasi dan matematika memiliki hubungan saling keterkaitan. Untuk melatih kemampuan siswa dalam AKM numerasi dapat menggunakan model Contextual Teaching and Learning( CTL) pada proses pembelajaran matematika. Model Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah suatu model pembelajaran yang memberikan fasilitas kegiatan belajar siswa untuk mencari, mengelola, dan menemukan pengalaman belajar yang lebih bersifat konkret dan mengaitkan dengan kehidupan nyata siswa. Metode yang digunakan dalam Contextual Teaching and Learning (CTL) yaitu perpaduan antara metode diskusi dan tanya jawab. Nantinya anak akan mendiskusikan mengenai masalah yang diberikan oleh guru dengan anggota kelompoknya dan hasil dari diskusi akan dipresentasikan dan diadakan tanya jawab mengenai hasil diskusi tersebut. Dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat membiasakan siswa untuk mengaitkan materi dan soal dengan dunia nyata di sekitarnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa numerasi dengan matematika mempunyai hubungan keterkaitan satu sama lain dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL), dimana dalam hubungan ini dapat melibatkan pengetahuan dan kapasitas untuk memanfaatkan ide-ide matematika sehingga pembelajaran semakin bermakna dan konstektual bagi siswa, dan dengan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) ini dapat membantu siswa untuk melatih kemampuan yang ia miliki
Keywords
Asesmen Kompetensi Minimum; Numerasi; Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan matematika
References
Arifin, Yusmin, E., & Hamdani. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 6(4), 1–13.
Nurhanifa, & Anwar Mutaqin, I. 2021. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Pendekatan Rme Menggunakan Articulate Storyline Materi Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa Smp. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 02(04), 217–227.
Sari, D. A., Rahayu,s C., & Widyaningrum, I. 2018. Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Kubus dengan Konteks Tahu di kelas VIII. Journal of Dedicators Community, 2(2), 108–115. https://doi.org/10.34001/jdc.v2i2.704
Tju, M., & Murniarti, E. 2021. Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 110–116. http://ejournal.fkipuki.org/index.php/jdp/article/view/7