PEMAHAMAN KONSEP PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA PADA SISWA SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gravemeijer, K. & Van Eerde, D. 2009. Design Research as a Means for Building a Knowledge Base for Teachers and Teaching in Mathematics Education. The Elementary School Journal. Vol. 109 (5), pp. 510-524.
Hadi, S., & Kasum, M. U. 2015. Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Check). Jurnal Pendidikan Matematika , Vol. 3 No. 1.
Hamidah, D., Putri, R. I. I., & Somakim. 2017. Eksplorasi Pemahaman Siswa pada Materi Perbandingan Senilai Menggunakan Konteks Cerita di SMP. JRPIPM, Vol. 1, No. 1, 1-10.
Hamidah, D., & Hakim, Z. A. 2016. Permainan Matematika Online Beads on String Untuk Belajar Matematika Yang Bermakna Dan Menyenangkan Di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Kemasayarakatan, Vol. 14, No.1, 137-151.
Izzabella, S. E., & Amin, S. M. 2017. Penerapan Pendekatan Pmri pada Materi Perbandingan di Kelas VII SMP. MATHEdunesa, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , Vol. 3 No. 6. 88-97.
Kesumawati, N. (2012). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Pendidikan Matematika , Vol. 6 No. 2, 32.
Lanya, H. 2016. Pemahaman Konsep Perbandingan Siswa SMP Berkemampuan Matematika Rendah. Jurnal FKIP Universitas Madura, SIGMA, 2 (1), September 2016, hal. 20.
Mas’udah, M., Surahmat, & Nursit, I. 2019. Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Pdeode (Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain) Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII MTs Al-Ihsan. JP3, Vol. 4, No. 2, 291-299.
Oftiana, S., & Saefudin, A. A. 2017. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Srandakan. MaPan, 5(2), 293–301. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a10
Sari, P. 2017. Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI. Jurnal Gantang Vol. II, No. 1, 41-50.
Septia, E. 2016. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Hasil Belajar Dan Respon Siswa Kelas VII SMPN 2 Ngadiluwih Pada Materi Perbandingan. Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri
Sari, N. M. 2020. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Materi Perbandingan Kelas VII SMP Luhur Baladika. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, Vol. 3, No. 1, 22-33.
Siagian, M. D. 2016. Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), Vol. 2, No. 1, 58-67.
Sohilait, E., Sulangi, V., & Rember, T.A.S. 2017. Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan PMRI dengan Konteks Budaya Masohi pada Materi Perbandingan Senilai. Tesis. Universitas Negeri Manado : Tondano.
Utari, R. S. 2017. Desain Pembelajaran Materi Perbandingan Menggunakan Konteks Resep Empek-Empek Untuk Mendukung Kemampuan Bernalar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, Vol. 3 No. 1, 105-106.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: