PENGAPLIKASIAN PMRI DENGAN SOAL HOTS GUNA MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI NUMERASI DALAM ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Direktorat Pembinaan SMA. 2017. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Hadi, S., Zaidah, A. 2021. Analisa Kemampuan Literasi Numerasi dan Self-Efficacy Siswa Madrasah dalam Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(7): 300-310.
Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., Hartatik, S. 2021. Keefektifan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap KemampuanKemampuan Literasi Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5) : 3342 – 3351.
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. 2019. Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88.
Mendikbud, 2020. AKM Dan Implikasi Pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Pembukuan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Mohammad H. 2018. Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Keyakinan Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 1(1): 19 – 26.
Ningsih, S., 2017. Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. JPM IAIN, 1(2): 73-94.
OECD. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing.
Pangesti, F. T. P. 2018. Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi pada Pembelajaran Matematika dengan Soal HOTS. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5 (9) : 566 – 575.
Patriana, W. D., Sutama, & Wulandari, M. D. 2021. Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5) : 3413 – 3429.
Pebriana, P. H., 2017. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Siswa Kelas V SDN 003 Bangkinang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 68-79.
Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. 2021. Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 33 (1): 54-62.
Sari, R. H. N., 2015. Literasi Matematika: Apa, Mengapa, Bagaiamana?. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 713-720.
Sari, T. A. I., Rasiman, R., & Buchori, A. 2019. Proses Pemahaman Konseptual Siswa dalam Penyelesaian Masalah Matematika Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Gaya Kognitif. SENATIK: Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 283–291.
Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. 2021. Profil Kemampuan Literasi Numerasi Di Masa Pandemi Covid-19. Yogyakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 3 (1).
Suparni. 2020. Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia ( PMRI ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self-Efficacy Siswa Smp / Mts. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 293 – 302.
Tim GLN. 2017a. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemdikbud.
Wardhani, N. K., Rasiman, R., & Wulandari, D. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1–6.
Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Cacik, S. 2021. Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio, 7 (2): 498-508.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: