ANALISIS PROSES PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI TINGKAT METAKOGNITIF
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adinawan, M. C. 2016. Matematika untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 1. Jakarta Timur: Erlangga.
Di Perri, G., Cazzadori, A., Vento, S., Bonora, S., Malena, M., Bontempini, L., … Concia, E. 1996. Comparative histopathological study of pulmonary tuberculosis in human immunodeficiency virus-infected and non-infected patients. Tubercle and Lung Disease, 77(3), 244–249. https://doi.org/10.1016/S0962-8479(96)90008-8
Fadzillah, S. H. N., Purwaningrum, J. P., & Wanabuliandari, S. PENINGKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL MMP BERBANTUAN MODUL ETNOMATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN WONOSEKAR.
Fitrih, D. M., Ardiana, N., & Pratiwi, Y. 2018. Analisis Keterampilan Metakognitif Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Subjek Kelas Xi Man Panyabungan. Jurnal MathEdu, 1(1), 43–52. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/297
Goos, M., & Galbraith, P. 1996. Do it this way! metacognitive strategies in collaborative mathematical problem solving. Educational Studies in Mathematics, 30(3), 229–260. https://doi.org/10.1007/BF00304567
Hadi, S., & Novaliyosi. 2019. TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569.
Hasbullah, & Wibawa, B. 2017. Analysis of mathematics students ability in learning metacognitive strategy type ideal ( identify , define , explore , act , look ). International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 859–872.
Ilmiah, P. 2016. Analisis keterampilan metakognitif subjek dalam menyelesaikan soal geometri dimensi dua.
Kramarski, B., Mevarech, Z. R., & Arami, M. 2002. The effects of metacognitive instruction on solving mathematical authentic tasks. Educational Studies in Mathematics, 49(2), 225–250. https://doi.org/10.1023/A:101628281172
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Lusiana, R., Murtafiah, W., & Oktafian, F. 2020. Kemampuan Metakognitif Subjek Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pada Materi Pola Bilangan Ditinjau Dari Brain Dominance. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 962. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3044
Moleong, L. J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurjanah, A. I. 2017. Analisis level metakognitif subjek dalam memecahkan masalah pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.
Purwaningrum, J. P. 2019. Kajian Masalah Pendidikan Matematika. Kudus: Universitas Muria Kudus.
Rahayu, R. Kartono.2014. The effect of mathematical disposition toward problem solving ability based on ideal problem solver. International Journal of Science and Research, 3(10), 1315-1318.
Rahmawati, N. T., & Sugianto. 2016. Unnes Journal of Mathematics Education Research ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK DITINJAU DARI KESADARAN METAKOGNISI SUBJEK PADA PEMBELAJARAN SSCS BERBANTUAN SCHOOLOGY. Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 24–31. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Rizkiani, A., & Septian, A. 2019. Kemampuan Metakognitif Subjek SMP Dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 275. https://doi.org/10.30738/union.v7i2.4557
Simamora, R. E., Saragih, S., & Hasratuddin, H. 2018. Improving Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in Local Culture Context. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 61–72. https://doi.org/10.12973/iejme/3966
Suardi, M. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kesadaran Metakognisi Dan Kaitannya Dengan Hasil Belajar Matematika Subjek Kelas XI IPA SMA Negeri Di Kabupaten Sinjai. Universitas Terbuka.
Suryaningtyas, S., & Setyaningrum, W. 2020. Analisis kemampuan metakognitif subjek SMA kelas XI program IPA dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 74–87. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/16049
Wanabuliandari, S. (2016). Peningkatan Disposisi Matematis Dengan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Thinking Aloud Pairs Problem Solving (Tapps) Berbasis Multimedia. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2).
Wanabuliandari, S., & Ulya, H. 2018. Penilaian Pembelajaran Matematika. Kudus: Universitas Muria Kudus.
Wardawaty, Arsyad, N., & Alimuddin. 2018. Analisis Keterampilan Metakognitif dalam Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif. Mathematics Education Postgraduate Program Universitas Negeri Makassar, 1–10. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/10522/.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: