Keefektifan Pembelajaran Menggunakan Alat Peraga Trigamaster Pada Materi Perbandingan Trigonometri Ditinjau Dari Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa

Paramita Kartikasari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika menggunakan alat peraga Trigamaster pada pokok bahasan perbandingan trigonometri ditinjau dari motivasi dan hasil belajar siswa kelas X BDPM 1 SMK Ahmad Yani Gurah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian deskriptif kuantitatif – kualitatif. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan 16 Maret 2022 – 25 Maret 2022. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas X BDPM 1 SMK Ahmad Yani Gurah dan kelas X BDPM 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar keterlaksanaan pembelajaran, (2) angket motivasi belajar siswa, (3) soal tes, dan (4) pedoman wawancara. Data keterlaksanaan pembelajaran dianalisis secara kuantitatif yakni dengan menghitung persentase skor yang telah dinilai oleh 2 observer. Data motivasi belajar siswa dianalisis dengan menghitung skor total dan persentase dari hasil yang diperoleh melalui angket. Data hasil belajar dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif melalui tes hasil belajar. Sedangkan data hasil wawancara ditranskip kemudian ditarik kesimpulan dan dipaparkan dalam bentuk naratif.

Berdasarkan analisis maka diperoleh hasil sebagai berikut : (1) pembelajaran dengan menggunakan alat peraga Trigamaster pada materi perbandingan trigonometri telah terlaksana dengan sangat baik yaitu dengan persentase 92,86% pada kelas X BDPM 1 sebagai kelas eksperimen dan 80,2% pada kelas X BDPM 2 sebagai kelas kontrol. (2) motivasi belajar siswa masuk dalam kategori Tinggi (T) dengan persentase 76,7% (ST+T), maka disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga Trigamaster di kelas X BDPM 1 SMK Ahmad Yani Gurah adalah efektif ditinjau dari motivasi belajar siswa, (3) hasil belajar siswa secara kuantitatif masuk dalam kategori tinggi (T) dengan persentase 90% (ST+T), sedangkan hasil belajar siswa secara kualitatif masuk dalam kategori Sangat Tinggi (ST) dengan persentase 80%, maka disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga Trigamaster di kelas X BDPM 1 SMK Ahmad Yani Gurah secara kuantitatif dan kualitatif adalah efektif ditinjau dari hasil belajar siswa.

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of mathematics learning using Trigamaster props on the subject matter of trigonometry comparison in terms of motivation and learning outcomes of class X BDPM 1 students of SMK Ahmad Yani Gurah. The type of research used in this study is quantitative – qualitative descriptive research. Data collection will be carried out on March 16, 2022 – March 25, 2022. The subjects of this study were 30 students of class X BDPM 1 SMK Ahmad Yani Gurah and class X BDPM 2 as a control class. The instruments used in this study were (1) learning implementation sheets, (2) student learning motivation questionnaires, (3) test questions, and (4) interview guidelines. Learning implementation data are analyzed quantitatively, namely by calculating the percentage of scores that have been assessed by 2 observers. Data on student learning motivation are analyzed by calculating the total score and percentage of the results obtained through the questionnaire. Learning outcomes data are analyzed quantitatively and qualitatively through learning outcomes tests. Meanwhile, the data from the interview results are transcluded and then conclusions are drawn and presented in narrative form.

Based on the analysis, the following results were obtained: (1) learning using Trigamaster props in the trigonometric comparison material has been carried out very well, namely with a percentage of 92.86% in class X BDPM 1 as an experimental class and 80.2% in class X BDPM 2 as a control class. (2) student learning motivation is included in the High category (T) with a percentage of 76.7% (ST + T), so it is concluded that learning using Trigamaster props in class X BDPM 1 SMK Ahmad Yani Gurah is effective in terms of student learning motivation, (3) student learning outcomes quantitatively fall into the high category (T) with a percentage of 90% (ST + T), while student learning outcomes qualitatively fall into the Very High category (ST) with a percentage of 80%, so it is concluded that learning using Trigamaster props in class X BDPM 1 SMK Ahmad Yani Gurah quantitatively and qualitatively is effective in terms of student learning outcomes.


Keywords


keefektifan;trigamaster;motivasi belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Arjanggi. 2012. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Alat Peraga Bangun Ruang pada Pembelajaran Matematika. Artikel Penelitian.

Rohmah, Noer. 2012. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Teras.

Sundayana, Rostina. 2015. Media dan alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: