Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dengan E-Modul Si Datar Berbasis Electronic Publication (Epub)

Dia Adinna Toylasani, Savitri Wanabuliandari, Himmatul Ulya

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Hal ini berdasarkan hasil tes studi pendahuluan ke siswa di dapatkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan presentase memberikan penjelasan sederhana 3,03%, membangun keterampilan dasar 3,2%, membuat simpulan 0,6%, penjelasan lebih lanjut 1,4%, strategi dan taktik 0,6%. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan adanya sutau inovasi dalam membuat bahan ajar untuk siswa yaitu penggunaan e-modul Si Datar. E-modul Si Datar merupakan modul elektronik dimana nantinya akan menggunakan format epub. E-modul tersebut akan berisi materi bangun ruang sisi datar baik berupa tulisan, gambar, dan video yang dapat dilihat di dalam e-modul nya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji apakah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan e-modul Si Datar berbantuan sigil software. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental design dengan bentuk desain nya nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP N 5 Pati, sedangkan sampel penelitian ini siswa kelas VIII F dan VIII G dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu berupa tes uraian kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Analisis data yang digunakan antara lain uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis n-gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa berpengaruh sebesar 0,44 mencapai kriteria sedang menggunakan e-modul Si Datar berbasis epub.

Abstract

This research is motivated by the low mathematical critical thinking ability of students. This is based on the results of the preliminary study test to students, it was found that the average value of students' mathematical critical thinking skills with a percentage of providing simple explanations is 3.03%, building basic skills 3.2%, making conclusions 0.6%, further explanation 1 .4%, strategy and tactics 0.6%. To overcome these problems, it is necessary to have an innovation in making teaching materials for students, namely the use of the Si Datar e-module. The Si Datar e-module is an electronic module which will use the epub format. The e-module will contain flat-sided building materials in the form of writing, images, and videos that can be viewed in the e-module. The purpose of this study is to test whether there is an increase in students' mathematical critical thinking skills taught with Si Datar e-module assisted by sigil software. The research method used is a quasi-experimental design with a non-equivalent pretest-posttest control group design. The population of this study were students of SMP N 5 Pati, while the sample of this study was students of class VIII F and VIII G using purposive sampling technique. The data collection technique used by the researcher is in the form of a description test of students' mathematical critical thinking skills. The data analysis used included normality test, homogeneity test, and n-gain analysis. Based on the results of the study, it showed that there was an increase in students' mathematical critical thinking skills with an effect of 0.44 reaching the medium criteria using the epub-based Si Datar e-module.


Keywords


kemampuan berpikir kritis matematis;e-modul;epub

Full Text:

PDF

References


‘Aisy, D. R., Farida, & Andriani, S. (2020). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Dengan Pendekatan Saitifik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1).

Amalia, F., & Kustijono, R. (2017). Efektifitas Penggunaan E-Book Dengan Sigil Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 1.

Badriyah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019.

Diana, N., & Sukestiyarno. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Mandiri Berbasis E-Modul. Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Diantari, L. P. E., Damayanthi, L. P. E., Sugihartini, N. S., & Wirawan, I. M. A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Mastery Learning Untuk Mata Pelajaran KKPI Kelas XI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : Janapati, 7(1).

Ennis, R. H. (1985). The Logical Basis for Measuring CT Skills. Educational Leadership, 43(2).

Fitri, A. (2019). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Pada Materi Relasi Dan Fungsi (Skripsi). Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Woodland Hills: Dept. of Physics, Indiana University.

Latifah, N., Ashari, A., & Kurniawan, E. S. (2020). Pengembangan e-Modul Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 1(1).

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT. Refika Aditama.

Malik, A. S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Dan Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), 11(1).

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, VI(2).

Perdana, F. A., Sarwanto, & Sukarmin. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa SMA/MA Kelas X Pada Materi Dinamika Gerak. Jurnal Inkuiri, 6(3).

Perkins, C., & Murphy, E. (2006). Identifying And Measuring Individual Engagement In Critical Thinking In Online Discussions: An exploratory case study. Journal of Educational Technology & Society, 9(1), 298–307.

Rizky, E. N. F., & Sritresna, T. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa Antara Guided Inquiry dan Problem Posing. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Alotrop, 4(1).

Somakin. (2011). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Penggunaan Pendidikan Matematika Realistik. Forum MIPA, 14(1).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sujanem, R., & Suwindra, I. N. P. (2020). Efektivitas E-Modul Sukaberma dalam Uji Coba Terbatas untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAN 2 Singaraja. Seminar Nasional Riset Inovatif 2020.

Syarlisjiswan, M. R. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Elektronic Publication (EPUB) Menggunakan Software Kodular dengan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA pada Materi Momentum dan Implus (Thesis). UNS (Sebelas Maret University).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: